Home Berita DANREM 072/PAMUNGKAS HADIRI PUNCAK PERINGATAN Ke-XXVI Hari OTONOMI DAERAH TAHUN 2022.

DANREM 072/PAMUNGKAS HADIRI PUNCAK PERINGATAN Ke-XXVI Hari OTONOMI DAERAH TAHUN 2022.

37
0

Yogyakarta,peloporkrimsu.com – Komandan Danrem 072/Pamungkas (Danrem 072/Pmk) Brigjen TNI Afianto menghadiri acara Puncak Peringatan ke XXVI Hari Otonomi Daerah Tahun 2022 secara daring di Gedhong Pramicasana Komplek Kepatihan Yogyakarta. Senin (25/04/2022).

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Otonomi Daerah (Otda) menggelar acara puncak peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke- XXVI secara hybrid baik luring dan daring. Pada peringatan Hari Otda tahun ini, Ditjen Otda Kemendagri mengambil tema “Dengan Semangat Otonomi Daerah Kita Wujudkan ASN yang Proaktif dan Berakhlak dengan Membangun Sinergi Pusat dan Daerah Dalam Rangka Mewujudkan Indonesia Emas 2045”.

Sri Sultan saat ditemui usai menghadiri Peringatan ke XXVI Hari Otonomi Daerah Tahun 2022 secara daring dari Gedhong Pracimasana, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta berharap Otda dapat semakin nyata pelaksanaannya sehingga dalam implementasinya Otda yaitu membangun akuntabilitas publik terhadap Pemerintah Daerah.

Dengan Otda, keberpihakan kepada masyarakat juga harus semakin besar. “Jadi bagaimana pelayanan publik itu bisa semakin baik, karena dengan cara membangun akuntabilitas, itu yang paling menentukan bahwa rakyat punya kepercayaan pada Pemerintah,” jelas Sri Sultan.

Sambutan Mendagri RI, Tito Karnavian yang dibacakan Sekretaris Jenderal Kemendagri RI, Suhajar Diantoro, bahwa setelah 26 tahun berlalu, Otonomi Daerah telah memberikan dampak positif. Hal ini dibuktikan dengan adanya percepatan pembangunan, yang ditandai dengan meningkatnya angka indeks pembangunan manusia (Human Development Index), bertambahnya pendapatan asli daerah dan kemampuan fiskal daerah.

“Kami mengapresiasi dan berterima kasih kepada daerah-daerah otonomi baru yang telah berhasil meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan kemampuan fiskalnya. Peningkatan tersebut diharapkan agar dimanfaatkan untuk program pembangunan dan kesejahteraan rakyat,” ungkapnya.

Dalam momen ini diluncurkan pula dua sistem daring terkait penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Sistem yang dimaksud adalah Sistem Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (SI LPPD) versi 1.1 dan Konsultasi Virtual (Kovi) Otonomi Daerah.

Hadir dalam acara Wagub DIY, Ketua DPRD DIY, Gubernur AAU, Kapolda DIY, Danlanud Adisucipto, Danlanal Yogyakarta, Kejati DIY, Kabinda DIY, Ketua Pengadilan Tinggi DIY, Ketua Pengadilan Agama DIY, Sekda DIY (her)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here