Home Berita DESPENRSIP TANBU GELAR BENTEK PENGOLAHAN DAN PELESTARIAN PERPUSTAKAAN

DESPENRSIP TANBU GELAR BENTEK PENGOLAHAN DAN PELESTARIAN PERPUSTAKAAN

692
0

Tanah Bumbu – Kalsel, peloporkrisus.com – Tanbu, 6 Juni 2023 – Dalam upaya meningkatkan pengolahan dan pelestarian perpustakaan di Kabupaten Tanbu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Despenrsip) Tanbu menggelar kegiatan Bentek (Bimbingan Teknis) dengan tema “Optimalisasi Pengolahan dan Pelestarian Perpustakaan”. Acara tersebut diadakan pada tanggal 6 Juni 2023 di kantor Despenrsip Tanbu Bentek dan dihadiri oleh 60 peserta.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada peserta terkait metode pengolahan dan pelestarian perpustakaan yang efektif dan efisien. Sumber yang diundang pada acara tersebut adalah Abdullah, seorang ahli perpustakaan dan kearsipan dari Provinsi Kalimantan Selatan.

Dalam kata sambutannya, Kepala Despenrsip Tanbu, Yulia Rahmandani, mengungkapkan pentingnya pengolahan dan pelestarian perpustakaan dalam memajukan literasi dunia di Tanbu. Beliau juga menekankan perlunya upaya kerja sama antara pihak terkait, seperti perpustakaan dan kearsipan provinsi, untuk membangun sistem pengelolaan yang baik dan memastikan keberlanjutan perpustakaan di daerah ini.

Kegiatan Bentek ini memberikan kesempatan bagi peserta untuk mendapatkan pengetahuan tentang strategi terbaru dalam pengolahan dan pelestarian perpustakaan, termasuk teknologi terkini yang dapat digunakan untuk meningkatkan aksesibilitas dan penggunaan koleksi perpustakaan. Selain itu, peserta juga diajak berdiskusi dan berbagi pengalaman mengenai tantangan yang dihadapi dalam pengelolaan perpustakaan di daerah mereka masing-masing.

Abdullah, sebagai narasumber pada acara tersebut, memaparkan berbagai teknik dan metode pengolahan dan pelestarian perpustakaan yang telah terbukti efektif. Ia juga memberikan contoh-contoh praktik terbaik dari berbagai perpustakaan di Provinsi Kalimantan Selatan, sebagai inspirasi bagi peserta untuk mengimplementasikannya di perpustakaan mereka sendiri.

Kegiatan Bentek ini diharapkan dapat menjadi momentum bagi Despenrsip Tanbu dan peserta untuk saling berkolaborasi dan berbagi pengetahuan dalam mengembangkan perpustakaan yang berkualitas di Kabupaten Tanbu. Dengan pengolahan dan pelestarian yang baik, perpustakaan dapat berperan sebagai sumber informasi dan pusat pembelajaran yang efektif bagi masyarakat.

Sebagai penutup acara, Kepala Despenrsip Tanbu, Yulia Rahmandani, menyampaikan harapannya agar peserta dapat menerapkan pengetahuan yang diperoleh dalam kegiatan Bentek ini untuk melestarikan pengelolaan perpustakaan di daerah mereka. Beliau juga berterima kasih kepada narasumber dan seluruh para profesional perpustakaan untuk menghadapi tantangan dalam mengelola dan menjaga warisan pengetahuan

Harapan utama dengan adanya kegiatan seperti ini maka kualitas layanan perpustakaan dapat di tingkatkan dan bahan pustaka berharga dapat tetap tersedia dan terjaga untuk generasi di masa yang akan datang. Ungkapnya (adinata/team)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here