Home Berita Diduga Abal-Abal Proyek Talud PT Bunga Raya, Kadis PU Desak Minta Dibongkar

Diduga Abal-Abal Proyek Talud PT Bunga Raya, Kadis PU Desak Minta Dibongkar

1000
0

Bima, PH-Krimsus : Lantaran tidak sesuai bestek, Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Bima, Ir. Nggempo mendesak proyek pemasangan talud gorong gorong yang dikerjakan pihak PT Bunga Raya harus dibongkar. Pemasangan talud gorong gorong tersebut merupakan bangunan pelengkap proyek pengaspalan jalan lintas Desa Sanolo-Rasabou Kecamatan Bolo dengan total anggaran senilai Rp. 2 milliar lebih yang bersumber dari APBD II tahun 2018.

“Kedalaman fondasi talud tidak memenuhi standar. Masa langsung dipasang batu seperti itu,” ujar Kadis PU Kabupaten Bima, Ir. Nggempo saat meninjau proyek ruas jalan Rasabou-Sanolo yang dikerjakan PT Bunga Raya, Rabu (30/05/18) lalu.

Kata Nggempo, pemasangan talud harus memiliki fondasi yang kuat yakni kedalamannya harus sesuai target, sehingga pemanfaatannya bisa dirasakan lebih lama.

“Saya tidak mau tahu. Kalau tidak memenuhi speak harus dibongkar, ” terang Nggempo.

Ditegaskannya, dirinya mewanti wanti kepada pihak pelaksana agar tidak bekerja senenaknya untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Jika dalam waktu dekat belum dilakukan pembongkaran, pihaknya akan memberikan tindakan keras.

“Anggaran yang gunakan adalah milik rakyat. Idealnya rakyat harus merasakan pemanfaatannya dalam jangka waktu yang panjang, ” pintanya.

Sementara diwaktu yang bersamaan, pihak yang tunjuk sebagai pelaksana, warga Desa Ndano Kecamatan Madapangga, Ahmad Rasu mengungkapkan, fondasi talud sebenarnya sudah digali dengan menggunakan alat eksafator.

“Fondasi talud digali dengan menggunakan eksafator. Kita tidak mungkin langsung memasang talud, ” ujar Ahmad.

Kata dia, terkait permintaan Kadis PU yang meminta agar dilakukan pembongkaran. Kita tidak akan melakukannya karena fondasi sudah digali.

“Kita akui ada teguran dari Kadis PU. Selanjutnya akan diperbaiki, tapi tidak dibongkar, ” tuturnya.

Pihak Pelaksana proyek ruas jalan Sanolo-Rasabou tahun 2018 yang tunjuk langsung oleh PT Bunga Raya, Wijanarko saat dikonfirmasi Kamis (31/05/18) mengungkapkan, dirinya akan memerintahkan kepada pelaksana di lapangan yakni Ahmad Rasu agar talud tersebut dibongkar untuk perbaiki sesuai arahan Kadis PU. Hal itu perlu dilakukan agar talud tersebut bisa kokoh dan kuat sekaligus bisa bertahan lama.

“Saya akan suruh talud tersebut dibongkar saja, ” ungkapnya.( Rif )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here