Home Berita Dilalap Si Jago Merah, Anggota Kodim 1608/Bima Sigap Padamkan Kebakaran Hutan

Dilalap Si Jago Merah, Anggota Kodim 1608/Bima Sigap Padamkan Kebakaran Hutan

2403
1

Kota Bima, Peloporkrimsus.com – Anggota Kodim 1608/Bima, Pelda Ruslan dan Serma Aidin Babinsa kedua wilayah tersebut dengan sigap membantu memadamkan kebakaran yang terjadi di jln lintas Oi Fo’o Kelurahan Kumbe kota Bima dan di pegunungan Nggaro Kumbe Kelurahan Rabadompu Timur Kota Bima.

Hal tersebut disampaikan Dandim 1608/Bima, Letkol Inf Bambang Kurnia Eka Putra dalam rilis tertulisnya, peristiwa kebakaran ini berawal dari masyarakat melakukan pembakaran tumpukan sampah yang berada di pinggir jalan menuju Oi Fo’o dan di pinggir pegunungan Nggaro Kumbe sehingga merambat ke Hutan jati di pegunungan Kelurahan Kumbe dan Kelurahan Rabadompu Timur.

“Karena ini musim kemarau, serta angin yang berembus cukup kencang membuat api dengan cepat menjalar dari Hutan jati di pegunungan yang ada di Kelurahan Kumbe dan Kelurahan Rabadompu Timur“ tutur Dandim 1608/Bima, Letkol Inf Bambang Kurnia Eka Putra, Jum’at (30/8/2019).

Lebih lanjut dikatakan, bersama masyarakat setempat, dan Dinas pemadam kebakaran kota bima, kedua anggota kodim 1608/Bima berjibaku bergotong-royong untuk memadamkan api di pegunungan Kel. Kumbe dan Kel. Rabadompu Timur.

“Ditengah Amukan si Jago merah, tidak menyurutkan semangat prajurit TNI untuk memadamkan Api yang terus membakar Hutan jati serta semak-semak yang berada di kedua gunung tersebut” ucapnya.

Setelah berjibaku untuk memadamkan api tambah Dandim, Sekitar Pukul 20.45 Wita, api telah dapat dijinakkan oleh petugas pemadam kebakaran, bersama TNI dan warga sekitar.

Dandim menghimbau, Puncak musim kemarau dengan cuaca yang sangat panas, kering. Sangat mudah timbul kebakaran, baik karena faktor kesengajaan maupun tidak, “Bila kita membakar sampah, lokalisir agar tidak merembet dan yakinkan api telah benar-benar padam saat kita tinggalkan” tegasnya.

“Begitu juga Saat membersihkan area ladang atau kebun, hindari sistem pembakaran, bila merembet akan sulit dikendalikan. Saat membuang puntung rokok, yakinkan puntung tersebut telah mati, Mari sama-sama kita jaga lingkungan kita” tutupnya. (MUCH)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here