Home Berita Disparbud Gelar Acara Lukis On The Spot Untuk Pengenalan Candi Deres

Disparbud Gelar Acara Lukis On The Spot Untuk Pengenalan Candi Deres

1506
0

Jember, PH-Krimsus : Demi memajukan destinasi wisata dan pengenalan Situs Cagar budaya Candi Deres yang berada di Desa Purwoasri, Kecamatan Gumukmas, Kabupaten Jember pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, (Disparbud) gelar acara Reog dan Jatilan.

Selain itu pihak Disparbud juga mengadakan  lomba melukis On the Spot bertema Candi Deres peninggalan jaman Majapahit hindu jawa tersebut juga melibatkan puluhan KPJ, (komunitas perupa Jember)  yang turut andil dalam kegiatan pada minggu, (17/12).

Candi Deres yang memang sebelumnya masih sangat jarang dikenal banyak kalangan ahirnya sama pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dibangunlah Gapura selamat datang dan juga pagar depan agar warga yang datang dari jauh tau jika di Dusun Deres tersebut ada peningalan jaman majapahit dan menjadi tlatah para raja ketika memijakan kaki di kabupaten jember kala itu.

Disparbud dalam rangkaian acara tersebut juga mengajak pihak Muspika, aparat kepolisian, Dewan dan tentunya juga pihak desa Purwoasri melalui kepala desa bernama Syahuri.,”kami libatkan pihak desa dan beberapa elemen masyarakat seperti karang taruna pemuda purwoasri bersatu untuk bersama menjaga situs berharga yang dibangun tahun 1900 SM”ucap Susmiadi  ( shoez studio ) selaku kabid kebudayaan Disparbud kabupeten jember.

Dirinya juga menambahkan jika untuk para peserta lomba yang menang melukis dengan tema candi tersebut akan diserahkan peserta kepada disparbud dengan tujuan nantinya akan dilelang untuk kepentingan kemajuan seni lukis kabupaten jember, pungkas nya.

Pihak kepala Desa Purwoasri Syahuri dalam wawancara singkat juga saya dan warga sangat berterima kasih pada Kabupaten Jember yang sudah bersusah payah membangun gapura dan pagar untuk situs candi deres di wilayah kami ini, semoga kedepan infrastruktur lain lekas menyusul, ucap kepala desa.

Terlihat dilokasi masyarakat yang sedari pagi sudah memadati kawasan candi guna melihat gelaran yang diselenggarakan pihak dinas pariwisata dengan tampilan seni reog dan jatilan juga melukis candi. Salah seorang warga Desa Gumukmas Masruroh berharap gelaran seperti ini terus dilakukan, dan saya pribadi berterima kasih karena pihak terkait sudah peduli sekali pada cagar budaya seperti ini, pungkasnya. (SL)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here