Home Berita Disperkimtan Rencanakab Pasang PJU Tenaga Surya di Desa Dadap Kusan Raya

Disperkimtan Rencanakab Pasang PJU Tenaga Surya di Desa Dadap Kusan Raya

1
0

Tanah Bumbu,peloporkrimsus.com – Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kabupaten Tanah Bumbu, berencana akan memasang Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) di wilayah Dadap Kusan Raya Kecamatan Teluk Kepayang.

Pemasangan PJUTS itu untuk memberikan penerangan jalan agar masyarakat lebih aman ketika malam hari saat berkendara atau melewati jalan tersebut.

“Setelah dilakukan survei, anggarannya diusulkan pada anggaran perubahan sehingga rencana pemasangan PJUTS akan dilaksanakan tahun depan,” kata Kepala Disperkimtan Tanbu melalui Kasi Pengembangan Kawasan Permukiman, Hesti Susanti Candra Dewi,Rabu (24/11/2021) di Batulicin. Dijelaskan dewi,sesuai aturan, pemasangan PJUTS seharusnya dipasangkan di seluruh titik gelap jalan, baik yang ada pemukiman maupun tidak.

“Karena jumlah PJUTS terbatas, pemasangannya akan dilakukan di lokasi yang banyak pemukimannya dan didirikan dengan jarak antar tiang sekitar 40 sampai 50 meter,” imbuhnya.
Dengan PJU tenaga surya, masyarkat tidak perlu membayar tagihan setiap KWH.
Hal ini berbeda dengan pemasangan PJU seperti biasanya yang harus melibatkan PLN untuk memasangkan, harus menggunakan kabel dan harus membayar setiap KWH yang dipakai.

Sementara untuk perawatan PJUTS nanti akan dikoordinasikan dengan perangkat desa yang mana akan dibantu untuk memantau fungsi penerangannya dan jika terjadi kerusakan yang cukup parah, pihak desa nanti yang akan melaporkan kepada pihak Disperkimtan Kabupaten Tanah Bumbu.

Ia berharap, adanya pemasangan PJUTS itu semoga masyarakat Bumi Bersujud bisa mendapatkan penerangan dengan semestinya untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan terutama pada malam hari. (team)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here