Home Berita Dugaan Penggelembungan Suara Pemilu 2019 Komandan Pemantau Lira Laporkan Kebawaslu Jatim.

Dugaan Penggelembungan Suara Pemilu 2019 Komandan Pemantau Lira Laporkan Kebawaslu Jatim.

616
0

Probolinggo, peloporkrimsus.com – Pesta demokrasi 5 Tahunan dalam Pemilu 2019 telah usai dilaksanakan diseluruh indonesia Namun disisi lain ada beberapa permasalahan yang diungkap oleh Pemantau LIRA PROBOLINGGO dilapangan, Pasalnya Pengesahan hasil rekapitulasi pemilu di kabupaten probolinggo Provinsi jawa timur terpaksa ditunda.

Pemantau pemilu 2019 dari ketua komando pemantau Lira Sarful Anam melaporkan panitia pemilihan kecamatan (PPK) diantaranya PPK Wonomerto, PPK Dringu, PPK Bantaran kepada Badan  Pengawas Pemilu (Bawaslu) provinsi Jawa timur, rabu (08/05/2019) Pasalnya, ia menduga telah terjadi penambahan suara untuk salah satu calon anggota legislatif (caleg) salah satu partai peserta pemilu 2019 dan berpotensi merugikan salah satu kandidat caleg lainnya, sementara itu pihaknya mengaku sangat kecewa atas berlangsungnya proses rekapitulasi suara Pemilu 2019 di tingkat PPK (Kecamatan) dan tingkat wilayah Kabupaten.

“Saya memiliki data dan sudah saya laporkan kepada Bawaslu Jatim, bahwa rekapitulasi suara di tingkat kecamatan berbeda dengan rekapitulasi penghitungan suara yang saya ikuti di KPU kabupaten Probolinggo.Berdasarkan temuan tim kami , perbedaan itu kami  temukan berdasarkan data DA1 Pileg DPRD Propinsi yang terpampang di PPK Wonomerto,bantaran, dan Dringu dengan data DB1 pileg Propinsi yang kami peroleh di KPU kabupaten Probolinggo”, kata Sarful Anam saat tim investigasi Media Pelopor mewawancarainya.

Komisioner Bawaslu Jatim Divisi penindakan dan pelaporan Muh. Ikhwanudin Alfianto, menyatakan akan menindaklanjuti laporan ini dan secepatnya akan menggelar sidang administrasi dan memeriksa alat bukti serta mendengarkan keterangan saksi dan lain sebagainya.”ucapnya”.

Sementara itu, Pihak terlapor yaitu PPK Wonomerto sulit ditemuai untuk dimintai keterangan terkait dugaan adanya penyimpangan didalam Rekapitulasi suara pemilu 2019 tersebut.(slm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here