Home Berita Dzikir Midher”, Tradisi Warga Diponggo Warisan Waliyah Zainab

Dzikir Midher”, Tradisi Warga Diponggo Warisan Waliyah Zainab

2
0

Tambak//Gresik,peloporkrimsus.com – Warga Desa Diponggo Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik memiliki tradisi unik yang rutin digelar setiap tahunnya. Kegiatan semacam ruwat Desa ini disebut oleh masyarakat Diponggo dengan istilah Puya Hale atau “Dzikir Midher” (Dzikir Keliling).

Seperti tahun-tahun sebelumnya, kali ini kegiatan Dzikir Midher kembali digelar oleh warga Desa Diponggo, Senin (01/08/2022).

Kegiatan yang diyayakini sebagai doa tolak balak ini merupakan salah satu warisan budaya dari Waliyah Zainab.

Kegiatan ini diawali dengan doa bersama di area musium Waliyah Zainab yang dipimpin oleh Kepala Desa Diponggo dan para sesepuh Desa setempat.

Selanjutnya, ritual Puya Hale dilanjutkan berkeliling desa berjalan kaki dengan mengarak tombak pusaka Waliyah Zainab. Peserta ritual akan mengirabkan pusaka Waliyah Zainab keliling kampung disertai doa-doa, tahlil, dan zikir. Di setiap persimpangan jalan Desa, berhenti. Adzan diserukan. Dimulai dari Masjid Diponggo, dzikir midher atau dzikir keliling itu juga berakhir di Masjid tersebut.

Uniknya, ritual Puya Hale atau Dzikir Midher ini hanya boleh diikuti oleh kaum pria saja sambil membawa tongkat kayu Ghireng. Sementara kaum perempuan mempersiapkan hidangan untuk disantap bersama usai acara ritual dzikir midher selesai.

Selama ritual Puya Hale ini berlangsung, sembari berjalan kaki warga bersama-sama membacakan kalimat-kalimat Tauhid, kemudian berhenti sejenak di setiap pojok-pojok desa untuk mengumandangkan adzan.

Kepala Desa Diponggo Muhammad Salim menuturkan Puya Hale atau Dzikir Midher ini
Tujuan utamanya adalah berdoa dan memohon kepada Allah dengan harapan Desa Diponggo dijauhkan dari berbagai wabah dan musibah.

Muhammad Salim yang juga sebagai ketua AKD kecamatan Tambak ini mengimbau kepada warganya agar senantiasa menjaga tradisi atau apapun yang menjadi peninggalan Waliyah Zainab. Dan berharap dapat melaksanakan Puya Hale di tahun yang akan datang, tutupnya.(Jml)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here