Home Berita Gubernur Ntb Ingatkan Petani Tembakau Bermitra, Untuk Perbaikan Harga

Gubernur Ntb Ingatkan Petani Tembakau Bermitra, Untuk Perbaikan Harga

164
0

Mataram, Peloporkrimsus.com – Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah bersama wakil bupati Lotim dan PT. Bentoel Internasional Investama Tbk, atau Bentoel Group yang merupakan perusahaan rokok terbesar kedua di Indonesia.

Lakukan peninjauan lokasi pembelian raya tembakau Lombok. Bersama pemerintah daerah (Pemda) Lombok timur (Lotim) mencoba mengajak perusahaan Bentoel untuk mencari Solusi agar bisa membeli tembakau petani dengan harga yang layak dan wajar.

“Alhamdulillah dengan komunikasi yang baik PT. Bentoel yang tadinya hanya membeli 9000 ton, kini naik jadi 9500 ton” ungkap Gubernur Bang Zul

Lanjutnya, selain dari Pt. Bentoel. Mudah-mudaha dunia usaha yang lain membuka ruang seperti Bentoel untuk menaikkan pembeliannya sehingga tembakau kita di Ntb bisa diserap sepenuhnya perusahaan.

Untuk petani-petani yang menjadi mitra dengan dunia usaha saat ini relatif tidak punya masalah dalam menjual tembakaunya.

Lewat kemitraan mereka dibimbing dari tehnik penanaman sampai dengan panen oleh orang-orang yang profesional di bidang pertanian. Semeny yang masih menjadi masalah, yaitu mereka petani di luar mitra dunia usaha. Karena mereka tidak berlaku standar harga yang disepakati, kalau harga jual bagus dan melonjak ya untung besar.

Tetapi kalau saatnya harga turun, seperti sekarang ya jadi sangat bermasalah. “Ke depan, ditengah kelesuan industri rokok, petani mesti memikirkan untuk serius menjadi mitra dunia usaha agar ada kepastian harga dan pembelian “tuturnya.(Mus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here