Home Berita Jelang Pilkades Serentak, Koramil Candi Tingkatkan Kemampuan Linmas

Jelang Pilkades Serentak, Koramil Candi Tingkatkan Kemampuan Linmas

269
0

Candi, PH-Krimsus : Menghadapi pilkades serentak di 16 Desa se Kecamatan Candi pada Bulan Maret Tahun depan. Pemerintahan Desa Larangan kerjasama dengan Forpimka Kec Candi menggelar kegiatan Pembinaan dan Pelatihan Anggota Linmas bertempat di Balai Desa Larangan, Minggu (10/12).

Satuan Linmas mempunyai tugas melaksanakan kegiatan perlindungan masyarakat dalam rangka penanggulangan dan penanganan pengungsi, membantu aparat pemerintah dalam memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat serta membantu kegiatan sosial kemasyarakatan di desa termasuk juga ketika pelaksanaan pilkades/ pilkada.

Linmas juga mempunyai fungsi membantu memelihara dan meningkatkan kondisi dan tata tertib dikalangan masyarakat.
Perbantuan kepada Pemerintah Daerah, Kepolisian dalam memelihara ketentraman dan ketertiban umum.
Perbantuan kepada TNI dalam upaya pertahanan Negara.

Sebagai narasumber dalam kegiatan pelatihan Linmas kali ini Danramil Candi Kapten Inf Buadi menyampaikan bahwa Linmas sebagai warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana serta ikut memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Linmas merupakan bagian integral dalam sistem pertahanan dan keamananan nasional. Dengan adanya kegiatan pelatihan Linmas tersebut diharapkan mampu meningkatkan disiplin, memupuk kebersamaan dan kekompakan dalam melaksanakan tugas menjaga keamanan kampungnya apalagi sebentar lagi akan menghadapi hajatan besar yaitu pilkades serentak dilanjutkan dengan pilgub” terangnya.

Para anggota Linmas tersebut juga mendapatkan materi wawasan kebangsaan yang disampaikan oleh Danramil Candi. Selesai pemberian materi wawasan kebangsaan dilanjutkan dengan pelatihan PBB oleh Babinsa Desa Larangan Serma Kasiyaji dengan melaksanakan praktek langsung dilapangan. Gerakan PBB dasar yang disampaikan antara lain gerakan PBB ditempat yaitu sikap sempurna, penghormatan, hadap kanan/kiri, balik kanan, lencang kanan, lencang depan, sikap istirahat dll.

Dengan dasar itu diharapkan dapat mengoptimalkan tugas pokok dan fungsi Linmas melalui pendekatan yang persuasif, edukatif dan partisipatif serta meningkatkan kewaspadaan masyarakat. Sehingga bisa memberi contoh yang baik dalam menanamkan sikap disiplin dan semangat serta kesadaran Bela Negara. Zay/Red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here