Home Berita KSOP Kotabaru-Batulicin Gelar Kampanye Tingkatkan Keutamaan Keselamatan Berlayar.

KSOP Kotabaru-Batulicin Gelar Kampanye Tingkatkan Keutamaan Keselamatan Berlayar.

73
0

Batulicin//Kal-sel,Peloporkrimsus.com – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Kotabaru-Batulicin mengampanyekan keutaman keselamatan transportasi laut dan mensosialisasikan PM 6 dan PM 16 Tahun 2021.

Kegiatan dihadiri 72 Keagenan, 18 TUKW, 17 Tersus dan 4 surveyor di Hotel Ebony Batulicin, Rabu (14/9/2022).

Para peserta diberikan edukasi bagaimana aturan-aturan menjalankan keselamatan dalam pelayaran, kemudian juga terkait aturan yang ada di dalam PM 6 dan 16 Tahun 2021.

lanjutnya diketahui Peraturan Menteri Perhubungan RI PM 6 Tahun 2021 adalah tentang Tata Cara Penanganan dan Pengangkutan Barang Curah Padat di Pelabuhan.

Sementara Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 16 Tahun 2021 tentang Tata Cara Penanganan dan Pengangkutan Barang Berbahaya di Pelabuhan.

Perwakilan Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Kementerian Perhubungan RI, Dedtri Anwar, mengatakan sosialisasi ini sangat penting bagi peserta bagaimana berlayar yang aman dan Yaman .

“Kami sampaikan apa-apa yang menjadi pokok keselamatan, di antaranya tata cara pemuatan barang curah padat serta tata cara pemuatan barang berbahaya di pelabuhan,” Tutur dia.

Di sini barang curah padat, sambung Dedtri Anwar, sebelum dimuat di atas kapal harus memenuhi ketentuan standar nasional.

“Jadi barang yang dimuat harus memenuhi sertifikat yang ditentukan,” Sambung dia.
Menimpali, Kepala KSOP Kelas III Kotabaru-Batulicin, Agus Sularto, mengatakan sosialisasi yang diberikan sangat penting sekali agar para pengguna jasa lebih paham, sehingga prosedur SOP pemuatannya bisa berjalan dengan baik dan lancar tanpa kendala

“Dalam hal Ini akan menjamin keselamatan berlayar. Apabila bongkar muatnya dilaksanakan dengan benar, maka akan mengurangi risiko kecelakaan,” timpal dia.
Disebutkan dia, saat ini pelaksanaan PM 6 dan PM 16 di wilayah KSOP Kotabaru-Batulicin sudah berjalan dengan baik dan sesuai SOP.

“Sosialisasi hari ini untuk lebih memantapkan. Jadi kalau ada mereka yang masih kurang paham bisa langsung menanyakan, sehingga benar-benar paham dan dilaksanakan dengan sebaik -baiknya . Ungkapnya (Team )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here