Home Berita LAKSANAKAN KOMSOS, BABINSA KORAMIL CANDI SAMBANGI POSYANDU LANSIA

LAKSANAKAN KOMSOS, BABINSA KORAMIL CANDI SAMBANGI POSYANDU LANSIA

1587
0

Candi Sidoarjo, PH-Krimsus : Seiring memasuki bulan November, cuacapun berganti dari musim kemarau kemusim penghujan. Seluruh wilayah tanah air saat ini hampir setiap hari diguyur hujan, demikian pula yang terjadi di wilayah Koramil 0816/02 Candi. Sehingga banjir dan genangan terjadi dimana mana. Akibatnya penyakit akan mudah menyerang masyarakat khususnya anak – anak dan Lansia ( lanjut usia).

Untuk mengantisipasi keadaan yang lebih buruk di masyarakat khususnya para lansia serta sebagai upaya tindakan pencegahan dini, Polindes “Rosella” Desa Wedoroklurak Kec Candi didampingi Babinsa Serda Dimyati melaksanakan pelayanan kesehatan Posyandu lansia, Rabu (22/11).

Kegiatan Posyandu lansia di polindes “Rosella” Desa Wedoroklurak dengan bidan Ibu Dewi Nurul, Amd.Keb. selama ini sudah berjalan sesuai jadwal yaitu sekali setiap bulan pada minggu ke empat. Kegiatan dimulai pkl 09 00 – 11 30 Wib. Selain pelayanan kesehatan ada pula pemberian makanan tambahan seperti roti atau bubur kacang hijau.

Posyandu lansia merupakan pengembangan dari kebijakan pemerintah melalui pelayanan kesehatan bagi lansia yang penyelenggaraannya melalui program Puskesmas dengan melibatkan peran serta para lansia, keluarga, tokoh masyarakat dan organisasi sosial dalam penyelenggaraannya.
Posyandu lansia merupakan suatu fasilitas pelayanan kesehatan yang berada di desa-desa yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat khususnya bagi warga yang sudah berusia lanjut.

Sementara itu Babinsa Desa Wedoroklurak Kec Candi Serda Dimyati mengharapkan agar tujuan pelaksanaan pemeriksaan kesehatan gratis untuk mengetahui lebih awal penyakit atau ancaman masalah kesehatan yang dihadapi dan perkembangannya juga penyuluhan, agar para lansia dapat mengetahui kondisi kesehatannya.

Disamping itu dengan adanya kegiatan kali ini dapat meningkatkan derajat lansia untuk mencapai masa tua yang bahagia dan berdaya guna dalam keluarga dan masyarakat. “Mudah mudahan kegiatan kali ini bermanfaat untuk mewujudkan masa tua yang bahagia” tambahnya.

Pelaksanaan kegiatan Posyandu lansia di polindes “Rosella” menggunakan sistem meja, mulai meja 1 yaitu pendaftaran sampai meja 5 pelayanan medis. Setelah mendaftar kader akan mencatat. Lansia yang sudah terdaftar di buku regester langsung menuju meja selanjutnya. Sampai ke meja terakhir pelayanan medis oleh tenaga bidan dan kader meliputi pemeriksaan dan pengobatan ringan. Semua dapat berjalan dengan tertib dan lancar. Zay/Red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here