Home Berita MASYARAKAT RAKSABAYA RASAKAN MANFAAT PEMBANGUNAN REHABILITASI PERBAIKAN SALURAN IRIGASI

MASYARAKAT RAKSABAYA RASAKAN MANFAAT PEMBANGUNAN REHABILITASI PERBAIKAN SALURAN IRIGASI

1399
0

Ciamis, peloporkrimsus.com – Dinas Sumber Daya Air Cipta Karya dan Tata Ruang Provinsi Jawa Barat membangun saluran irigasi untuk membantu meningkatkan potensi pertanian.

Proyek pembangunan Rehabilitasi Jaringan Irigasi persawahan yang terletak di Desa Raksabaya sepanjang 300 meter di Kabupaten Ciamis pelaksanaan pengerjaan pembangunan Rehabilitasi saluran irigasi telah selesai dengan baik sesuai dengan ketentuan yang ada. pelaksana pekerjaan tersebut yaitu CV.Karnika dan ibu Hj.Nikmas selaku direktur,beliau menuturkan kepada awak media saat ditemui di lokasi pekerjaan,Sabtu (29/9/2018) mengatakan ” Alhamdulillah proses pengerjaan pembangunan rehabilitasi jaringan irigasi telah selesai dengan baik sesuai dengan ketentuan yang ada yang tujuannya untuk mengoptimalkan fungsi saluran air agar pengairan saluran irigasi tersebut berjalan lancar sesuai dengan harapan masyarakat khususnya para petani yang berada di wilayah desa Raksabaya.” Katanya.

Saluran irigasi merupakan sarana penghubung antara sumber air dan petak tanah pertanian atau persawahan. Irigasi juga merupakan upaya yang dilakukan masyarakat untuk mengairi lahan pertanian khususnya pesawahan.Apabila tidak ada saluran irigasi tentunya saja para petani tidak akan dapat mengairi areal pesawahan dan mengolah lahan pertanian.

Para petani pun berharap dengan adanya pembangunan saluran irigasi ini dapat meningkatkan taraf perekonomian masyarakat dan intensitas tanam di lokasi persawahan warga desanya.

Hj. Nikmas menjelaskan,”
Proyek Rehabilitasi berupa perbaikan saluran sekunder dengan batu susun dengan pasangan 1 unit Pagu yang menghabiskan anggaran kurang lebih sebesar 400 jt an. Proyek tersebut dilaksanakan pengerjaan oleh CV.KARNIKA Ciamis.” Tandasnya.

Ditempat terpisah, salah seorang warga, Bapak Aang yang berada disekitar lokasi sekaligus penerima manfaat dari pembangunan Rehabilitasi saluran irigasi tersebut memaparkan,” kami atas nama para petani disini mengucapkan terima kasih kepada pelaksana pekerjaan proyek ini , ucapan terimakasih khususnya kepada pemerintah yang telah membantu menyalurkan anggaran bantuan ini sehingga masyarakat bisa merasakan manfaat dari pembangunan ini. betapa bermanfaatnya proyek tersebut bagi masyarakat khususnya para petani,Dengan adanya pembangunan irigasi ini maka pasokan air kelahan persawahan semakin baik. Jika kebutuhan air mencukupi tentu pertumbuhan tanaman padi ikut subur dan produksi panen juga meningkat. Petani bisa mendapatkan hasil yang maksimal pada saat musim panen,” Papar Bapak Aang. ( wawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here