Home Berita Merajut kebersamaan membangun kota bima

Merajut kebersamaan membangun kota bima

205
0

Kota Bima, Peloporkrimsus.com – Cukup banyak Pekerjaan Rumah yang harus dikaji dan diimplementasikan dalan bentuk program serta regulasi bukan saja wali kota ataupun wakil walikota bima yg harus memikirkan, tapi semua stake holder harus terlibat membangun kota kecil kita bersama ini.

Harapannya ada ruang ruang yang di berikan kepada intelektual intelektual yang menjadi bagian penyuplay gagasan serta sebagai patner pemerintah kota bima, kota bima butuh tindakan bersama butuh penyatuan visi para intelektual muda sehingga harapan harapan itu tidak lagi menjadi mimpi.

Gambaran kota bima kedepan tentu harus disketsa dari sekarang, kita tau bersama bahwa kota bima tidak memiliki lahan yang cukup serta sumberdaya alam yang berlimpah untuk dikelola dan menjadi sumber pendapatan tetap bagi rakyat nya tentu ini menjadi kendala bagi pemerintah kota dalam upaya memgembangkan pembangunan pada sektor-sektor pertanian, pertambangan, peternakan.

Faktor pertumbuhan penduduk serta besarnya imigrasi yang mendorong cepatnya pertumbuhan pemukiman akan mengakibatkan makin berkurangnya lahan-lahan produktif pertanian dan peternakan, hal ini harus menjadi catatan utama pemerintah kota bima untuk mengubah arah kebijakan pembangunan ke sektor industri-industri, ekonomi dan jasa. Untuk mendukung kebijakan itu tentu pondasi utama harus dibangun dari sekarang, percepatan infrastruktur penunjang mulai hulu hingga hilir sudah harus dipersiapkan serta yang paling utama adalah Rencana Tata Ruang Wilayah sebagai rel pembangunan itu sendiri.

Kebutuhan dasar akan ketersediaan listrik dan air bersih harus menjadi rencana jangka pendek pemerintah kota bima saat ini, kehadiran pembangkit listrik sekala besar harus dipercepat pengoperasiannya sehingga tidak kekurangan suplai listrik baik industri maupun rumah tangga.

Ketersediaan air bersih juga menjadi yang utama, pemkot bima harus memikirkan bagaimana kecukupan ketersediaan air bersih bagi warga dan industri dengan mengoptimalkan mata air serta mengembalikan fungsi hutan-hutan yang dimiliki.

Ini pekerjaan berat bagi kita semua kususnya pengembalian fungsi hutan sebagai penyimpan dan penyuplai air, keberanian pemkot bima mengembalikan fungsi hutan dibeberapa titik yang sudah dikomersialkan harus kita dorong bersama dikembalikan fungsinya, tentu memang tidak mudah akan tetapi ketika kita semua bersama dalam satu visi tentu itu akan mudah.

Kita semua tidak lagi dalam satu perpecahan politik akan tetapi satu dalam kebersamaan merajut masa depan anak cucu kita serta sebuah tujuan yang lebih baik demi kota bima. Kota Bima, 4 Agustus 2019 Zangaji Sape Kordinator NasPol NTB. (MUCH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here