Home Berita Pawai Obor Peringati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H di Sangkapura.

Pawai Obor Peringati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H di Sangkapura.

184
0

Gresik,Peloporkrimsus.com – 1 Muharram merupakan tahun baru di kalender Hijriyah, hal tersebut merupakan hari besar bagi umat Islam.

Di hari besar Islam 1 Muharram 1444 Hijriah ini Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus 03 Sangkapura menggelar pawai obor untuk pelajar Sekolah Dasar (SD) dan tingkatan dari SMP Negeri, SMP UMMA, MTs serta SMA Negeri.

Kegiatan tersebut dimulai Pukul 20:00 WIB dan dibuka oleh Syarif Hidayatullah selaku ketua panitia sekaligus Ketua Kelompok Kerja Guru Gugus 03 Sangkapura, Sabtu malam (29/7/2022).

Peserta pawai obor berkumpul di Alun-Alun Sangkapura, Kabupaten Gresik Jawa Timur, yang terdiri dari SDN 1 Sawah Mulya, SDN Kotakusama, SDN 2 Sawah Mulya, SDN Gunung Teguh, SDN 1 Pataraselamat, SDN 3 Pataraselamat Cokel, SDIT Al- Huda, SD Muhammadiyah 1, SMPN, SMP UMMA, MTs dan SMAN Sangkapura, untuk mengikuti kegiatan pra acara seperti sholawatan, burdah bersama dan pembukaan tersebut.

Kemudian dilanjutkan dengan pawai obor estafet dimulai dari Alun-Alun Sangkapura melewati beberapa kampung yang berada di Desa Sawah Mulya melewati RSUD. Umar Mas’ud Sangkapura sampai ke Dusun Boom menuju ke arah pasar kotakusuma dan berakhir di Alun-Alun Sangkapura kembali.

Syarif Hidayatullah, S.Pd..I mengatakan, keberangkatan pawai obor diiringi dengan burdah serta sholawatan dari peserta obor.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan ketaqwaan dan pemulihan pembelajaran di gugus 03 sekolah dasar. Selain itu bentuk rasa syukur kita dalam menyambut hari besar umat Islam yang sempat vakum selama dua tahun akibat pandemi covid -19,” Ujarnya.

Lanjut Muksin, S. Pd mengatakan, kegiatan pawai obor keliling ini jauh-jauh hari pihaknya sudah melaporkan kepada pihak aparat keamanan di wilayah Sangkapura untuk ikut serta mensukseskan acara menyambut 1 Muharram 1444 Hijriah.

“Kegiatan pawai obor keliling berjalan dengan lancar dan aman berkat kerjasama wali murid dan pihak aparat keamanan yang sudah ikut menjaga dan mengatur kegiatan ini.”

Muksin berharap, kedepannya kegiatan ini bisa dilaksanakan kembali yang lebih meriah lagi, melihat antusias dari peserta obor serta wali murid yang mengikuti dalam pawai obor ini. Jum’at (29/7/2022). (Fairi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here