Home Berita Pemkab Tanbu Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila Guna Jaga Ideologi Negara RI

Pemkab Tanbu Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila Guna Jaga Ideologi Negara RI

384
0

Tanah Bumbu Kalsel, peloporkrimsus.com , 01 Juni 2023 – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila dengan khidmat. Acara tersebut dihadiri oleh berbagai unsur TNI (Tentara Nasional Indonesia), Polri (Kepolisian Republik Indonesia), ASN (Aparatur Sipil Negara), Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah), serta tamu undangan lainnya.

Pemimpin upacara pada kesempatan tersebut adalah Wakil Bupati Tanah Bumbu, H.M Rusli S.Sos, sedangkan posisi komandan upacara diemban oleh IPDA Dedi Harianto. Ribuan peserta upacara terlihat berdiri dengan rapi di halaman Kantor Bupati Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Dalam peringatan ini, tema yang diusung adalah “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”. Hal ini sejalan dengan semangat Pancasila yang mengedepankan persatuan, kesatuan, dan kerjasama dalam membangun bangsa dan negara.

Sebagai rangkaian kegiatan peringatan, dilakukan pembacaan teks Pancasila dan upacara pengibaran bendera Merah Putih. Suasana khidmat terasa di sekitar upacara, dengan peserta yang berbaris dengan disiplin tinggi.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Tanah Bumbu, H.M Rusli S.Sos, menyampaikan pentingnya nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Beliau juga mengajak semua pihak untuk menerapkan semangat gotong royong dalam segala aspek kehidupan, baik di tingkat lokal maupun nasional, untuk membangun peradaban yang lebih baik.

Peringatan Hari Lahir Pancasila ini bertujuan untuk mengenang sejarah pentingnya kelahiran Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Pancasila sebagai ideologi bangsa telah menjadi landasan dalam pembangunan sosial, politik, dan ekonomi di Indonesia sejak diterimanya oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 1 Juni 1945.

Upacara tersebut juga dihadiri oleh para tokoh masyarakat, pelajar, dan mahasiswa. Keikutsertaan mereka dalam peringatan ini menunjukkan komitmen untuk terus menghormati dan memperkuat nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Diharapkan, peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat menjadi momentum bagi seluruh masyarakat Tanah Bumbu dan Indonesia pada umumnya, untuk lebih menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila demi terciptanya kehidupan yang harmonis, adil, dan berkeadilan.

Setelah upacara selesai, peserta dan undangan pun meninggalkan halaman Kantor Bupati dengan meninggalkan kesan yang mendalam akan makna pentingnya Pancasila dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Semoga semangat Pancasila terus menggelora dan Cinta Tanah air RI ,terciptanya kehidupan berbangsa dan bernegara ,adil, makmur aman damai dan sentosa bagi seluruh Rakyat Indonesia (Team)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here