Home Berita PENGARUH LATIHAN BERBEBAN TERHADAP PENINGKATAN KETRAMPILAN TEKNIK DASAR BOLA BASKET

PENGARUH LATIHAN BERBEBAN TERHADAP PENINGKATAN KETRAMPILAN TEKNIK DASAR BOLA BASKET

4
0

Yogjakarta,peloporkrimsus.com – Hanafi Mustofa
Dosen bidang ilmu Keolahragaan UPN ”Veteran” Yogyakarta. Olahraga merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia, bahkan olahraga merupakan salah satu program pemerintah dalam membangun bangsa Indonesia. Program pemerintah dalam bidang olahraga diantaranya mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga untuk memantapkan serta menanamkan kesadaran masyarakat akan manfaat olahraga, sehingga olahraga dirasakan sebagai kebutuhan dalam hidupnya. Manfaat dari kegiatan olahraga, diantanya meningkatkan kebugaran jasmani,menumbuhkan
dan menjalin rasa persatuan antara daerah, serta dapat menjunjung tinggi nama baik bangsa Indonesia didunia internasional atas prestasi yang dicapainya.

Prestasi berbagai cabang olahraga yang dicapai oleh bangsa Indonesia diberbagai kejuaraan baik tingkat nasional, regional maupun Internasional, sampai saat ini belum begitu menggembirakan utamanya cabang olahraga bola basket. Akan tetapi olahraga basket ini sangat digemari oleh kalangan usia bahkan seluruh lapisan masyarakat umum, tetapi untuk prestasi olahraga ditingkat asia bahkan dunia belum memuaskan .Salah satu kendala yang dihadapi oleh bangsa Indonesia dalam upaya mencapai prestasi yang optimal sampai saat ini adalah masih banyaknya pelatih atau Pembina olahraga dalam memberikan pelatihannya hanya berdasarkan pengalaman dan mengabaikan teori-teori serta kemajuan yang ada.Dengan kata lain seorang pelatih hanyalah menekankan palatihan atlet pada porsi yang berupa latihan teknik saja dengan menghiraukan latihan kondisi fisik yang memenuhi, yaitu berupa latihan penekanan berbeban dan plyometrik pada tangan. Sebagai pelatih, hendaknya harus mampu melatih secara profesional, mampu menerapkan metode melatih yang baik dan tepat agar memperoleh hasil yang optimal.

Perkembangan dan kemajuan zaman menuntut tenaga
pendidik dan pelatih memiliki pengetahuan dan keterampilan yang baik. Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam menyusun program latihan yang harus dilatih secara sistematis, teratur dan terus menerus yaitu aspek fisik, aspek teknik, aspek taktik
dan aspek mental.Berbagai aspek ini saling berkaitan, sehingga dalam penyusunan program latihan dan upaya meningkatkan prestasi perlu skala prioritas sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai.

Kondisi fisik merupakan syarat mutlak yang diperlukan dalam pencapaian prestasi olahraga,karena setiap atlet harus memiliki fisik yang prima untuk dapat berprestasi.Unsur kondisi fisik yang diperlukan dalam setiap cabang olahraga berbeda-beda. Oleh karena itu kondisi fisik seorang atlet perlu ditingkatkan melalui latihan yang dilakukan secara sistematis,ajeg dan
kontinyu.Melalui latihan fisik, kesegaran jasmani atlet akan meningkat sehingga dapat menunjang tercapainya prestasi yang optimal.

Kondisi fisik merupakan satu persyaratan yang sangat penting dan diperlukan dalam usaha peningkatan prestasi seorang atlet. Sajoto (1995: 8-10) mengemukakan bahwa “Kondisi fisik adalah suatu kesatuan yang utuh dari komponen-komponen yang tidak dapat dipisahkan begitu saja, baik peningkatan maupun pemeliharaannya”. Artinya bahwa di dalam usaha peningkatan kondisi fisik maka seluruh komponen tersebut harus dikembangkan, meskipun
pengembangannya dilakukan dengan skala prioritas sesuai dengan kebutuhan. Unsur atau komponen kondisi fisik tersebut meliputi kekuatan, daya tahan, daya ledak, kecepatan,daya lentur, kelincahan,koordinasi mata tangan, keseimbangan, ketepatan dan kecepatan reaksi.

Metode latihan merupakan suatu cara yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan seorang atlet, seperti yang dikemukakan Nossek (1982: 15) yang menyatakanbahwa “metode latihan merupakan prosedur dan cara-cara pemilihan jenis-jenis latihan dan penataannya menurut kadar kesulitan, kompleksitas dan beratnya beban”. Dengan metode
latihan yang baik dan bervariasi, seorang atlet diharapkan dapat mencapai prestasi yang optimal.
Faktor utama dalam latihan untuk meningkatkan ketrampilan teknik dasar bola basket adalah mula-mula memusatkan pada pembentukan kekuatan dan power pada tangan kemudian beralih pada beban lebih ringan dan gerakan lebih cepat dan didukung dengan koordinasi mata tangan yang baik pula. Jenis latihan yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan diantaranya adalah latihan berbeban.
Kesimpulan Latihan berbeban memang sudah dikenal dan sering digunakan secara luas untuk meningkatkan ketrampilan teknik dasar bola basket.Dalam memberikan program latihan hendaknya latihan yang dilakukan bersifat khusus, sesuai dengan sasaran yang akan dicapai.
Latihan yang dilakukan untuk meningkatkan ketrampilan bola basket harus melibatkan otototot yang akan dikembangkanya itu otot lengan serta sesuai dengan system energi yang digunakan dalam aktivitas tersebut. Tuntutan terhadap metode latihan yang efektif dan efisien didorong oleh kenyataan atau gejala-gejala yang timbul dalam pelatihan.

Beberapa alasan tentang pentingnya kebutuhan metode latihan yang efisien menurut Lutan, R. (1988: 26)
adalah ”1)Efisiensi akan menghemat waktu, energy atau biaya, 2)Metode efisien akanmemungkinkan para siswa atau atlet untuk menguasai tingkat keterampilan yang lebihtinggi”.
Latihan berbeban adalah suatu latihan yang menggunakan beban, baik latihan secara isometrik, secara isotonik maupun secara isokinetik. Latihan ini dilakukan dengan menggunakan beban berupa alat maupun berat badan atlet. Latihan berbeban adalah suatu cara menerapkan prosedur tertentu secara sistematis pada berbagai otot tubuh.

Berkaitan dengan latihan berbeban menurut Harsono (1988 : 37) menyatakan bahwa “Latihan berbeban
adalah latihan yang sistematis dimana beban hanya dipakai sebagai alat untuk menambah kekuatan otot guna mencapai tujuan tertentu”. Pada program latihan berbeban ini dalam pelaksanaannya menggunakan alat-alat berupa barbell atau beban yang telah dikombinasikan menjadi alat khusus untuk latihan berbeban (weight training). Bentuk latihan tersebut dipilih karena latihan tersebut melibatkan otot-otot lengan yang terlibat dalam peningkatan ketrampilan bola basket. (her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here