Home Berita PT.Kertas LECES Di Probolinggo Meninggalkan Bekas Yang Menyayat Hati Pada Karyawan

PT.Kertas LECES Di Probolinggo Meninggalkan Bekas Yang Menyayat Hati Pada Karyawan

3598
0

Probolinggo,peloporkrimsus.com – Karyawan PT.Kertas Leces dan Pemerhati Lingkungan kembali Melakukan Aksi Demo. Tema Aksi tersebut, Karyawan PT.Kertas LECES masih tetap menuntut Hak sebagai Karyawan (Gaji) yang sampai Hari ini Kamis 9 Januari 2023 masih belum Membuahkan Keberhasilan dalam Pemenuhan Hak sebagai Karyawan PT.Kertas LECES.

Dan ternyata Aksi ini, Karyawan bersama Komunitas Alam Hijau, Juga Menuntut dua PT (PT.Kurnia Indah Makmur dan PT.Aryaguna Sejahtera Abadi yang Pemenang tender pengolahan bahan bekas Pabrik itu, dan diduga Pembuangan sisa Limbah berbahaya secara Sembarangan dan Beracun itu di Hentikan.
Padahal, Alam Hijau sebelumnya sudah meminta Kepada pihak pelelang dan Pengelola Limbah untuk Menghentikan Pengaliran Limbah tersebut, Dan Mereka juga meminta, agar Limbah itu bisa diproses hingga menjadi lebih baik, Namun tidak pernah ada realisasi.

Asmawi selaku Penasihat Komunitas Alam Hijau Menyampaikan ke awak Media,
Dalam orasinya, Bahwa ada sekitar 20 ribu ton limbah dalam bentuk black liquor yang ada di bekas pabrik Kertas LECES tersebut.
Dan Kami meminta untuk mengangkut limbah itu dan tempatkan di tempat yang semestinya, beserta tanah yang sudah tercemar itu, tolong dipulihkan, ucapnya.

Alam Hijau Juga Melaporkan Hal tersebut ke Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Probolinggo dan DLH Provinsi Jatim hingga ke Kementrian Pusat, Namun sampai saat ini belum ada tindak lanjut yang jelas.

Aksi Demo yang dilangsungkan didepan PT.Kertas Leces ini juga menuntut adanya itikat baik Perusahaan dalam menyelesaikan sisa Pembayaran gaji Karyawan yang hingga saat ini belum tuntas atau selesai.

Guntur, selaku Ketua Serikat Pekerja (SP) dan Sekar mengatakan ada Persoalan yang mendasar, terkait belum rampungnya Penyelesaian Hak Karyawan. Dan Kita sepakat hal ini akan terus Kita suarakan. Mengingat Penyelesaian sisa gaji, merupakan Hak yang harus dipenuhi oleh Perusahaan, Dan Mereka berhenti tanpa mendapatkan Hak yang sesuai,ujarnya

Aksi Demo Hari ini yang dilakukan oleh Karyawan PT.Kertas LECES bukan yang pertama kali, Bahkan sudah berulang kali Melakukan Aksi Demo, Hingga ke Kementerian BUMN untuk Menyuarakan Keresahan Mereka,
Namun harapan tinggal harapan, Apa yang mereka harapkan ternyata belum dapat dipenuhi. Besaran gaji yang didapat masing-masing Karyawan, Berdasarkan lamanya Masa Kerja.

Arham, selaku Ketua Pakar (Paguyuban Karyawan) PT.Kertas Leces menyampaikan orasinya, Menurutnya apa yang menjadi tujuan Karyawan menyangkut Pemenuhan Hak normatif, harus terus disuarakan. Dan Kita akan terus berjuang Menuntut Hak-hak Kita, ucapnya.

Dengan seragam yang berwarna Merah dan bertuliskan Pakar Leces, Para Karyawan ini dengan tertib bertahan didepan pintu gerbang Pabrik Kertas LECES tersebut.
Begitu juga Mediasi yang dilakukan oleh Pemenang Tender, belum menunjukkan adanya Kesepakatan, Dan Aksi ini diakhiri dengan Penyerahan Laporan Karyawan PT.Kertas LECES ke pihak Polres dan Kejari Probolinggo, (Tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here