Home Berita RDP DPRD Tanah Bumbu Bahas Penanganan Jalan Nasional 171 Satui: PT. Arutmin...

RDP DPRD Tanah Bumbu Bahas Penanganan Jalan Nasional 171 Satui: PT. Arutmin Siap Melakukan Perbaikan

338
0

Tanah Bumbu,peloporkrimsus.com – 7 September 2023 – Kabar baik bagi warga Tanah Bumbu, terutama yang berada di Kecamatan Satui! Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tanah Bumbu telah menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang sangat penting terkait penanganan kerusakan jalan nasional kilometer 171 di wilayah Satui.

Rapat yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Tanbu, Said Ismail Kholil Alaydrus, ini turut dihadiri oleh anggota dewan, perwakilan dari Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Kalsel, Dinas PUPR Tanbu, Dinas Lingkungan Hidup Tanbu, serta perwakilan dari PT Arutmin Indonesia dan PT. Mitrajaya Abadi Bersama (MJAB).

Dalam rapat ini, beberapa anggota Komisi III DPRD Tanbu telah menyampaikan dugaan penyebab longsornya ruas jalan nasional KM 171, yang diduga berkaitan dengan aktivitas pertambangan PT Mitra Jaya Abadi Bersama (MJAB). Fawahisah Mahabatan, salah satu anggota komisi menjelaskan, “Aktivitas pertambangan PT MJAB berlokasi sekitar 300 meter dari ruas jalan nasional KM 171 yang mengalami longsor.”

Namun, berita baiknya datang dari PT Arutmin Indonesia (AI), yang telah menyatakan komitmen mereka untuk segera memperbaiki kerusakan akibat longsor di jalan nasional KM 171. Perwakilan PT Arutmin Indonesia, Dhangku Putra, menegaskan bahwa penyebab longsor tersebut tidak berasal dari aktivitas pertambangan PT Arutmin Indonesia, melainkan berada di konsesi PT Arutmin Indonesia.

Menurut arahan Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara (Ditjen Minerba), PT Arutmin telah mempersiapkan lebih dari Rp 48 miliar untuk perbaikan Jalan Nasional 171. Namun, proses perbaikan sempat terkendala oleh adanya pager seng di lokasi yang menghambat aktivitas perbaikan. Perencanaan awal pengerjaan telah dimulai sejak bulan Agustus 2023 dengan proses penimbunan lereng.

Menutup rapat ini, Wakil Ketua DPRD Tanbu, Said Ismail Kholil Alaydrus, memberikan kesimpulan bahwa tahap awal perbaikan jalan kilometer 171 akan segera dimulai dengan proses penimbunan. Beliau juga menyampaikan harapannya bahwa perbaikan jalan nasional kilometer 171 akan membawa dampak positif bagi masyarakat Tanah Bumbu, terutama di Kecamatan Satui. Kami yakin perbaikan ini akan memperlancar perekonomian daerah dan memastikan bahwa masyarakat tidak akan lagi terganggu dalam aktifitas keluar kota, baik dari Banjarmasin ke Tanah Bumbu, maupun sebaliknya. Kami berkomitmen untuk terus memantau dan mendukung proses perbaikan ini demi kesejahteraan masyarakat, ujar Wakil Ketua Said Ismail Kholil Alaydrus dengan optimisme yang membara. (Nata/team)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here