Home Berita Ritual Petik Laut Nelayan Sangkapura Bawean Digelar Agustus.

Ritual Petik Laut Nelayan Sangkapura Bawean Digelar Agustus.

179
0

Gresik,peloporkrimsus.com – Para nelayan di pesisir Laut Bawean di Dusun Sungai Topo Desa Sungai Teluk, Kecamatan Sangkapura, Kabupaten Gresik Jawa Timur, menggelar kegiatan ritual petik laut yang meriah di tanggal 15 Muharram. Setelah dua tahun ritual syukur kepada sang Khalik atas rezeki yang didapat dari melaut hanya dilaksanakan sederhana karena pandemi Covid -19.

Nelayan Bawean di Kecamatan Sangkapura, melaksanakan acara ritual petik laut tiap setahun sekali. Dimana sebelum acara pawai perahu dilakukan, masyarakat nelayan Sungai Topo melaksanakan selamatan dan doa bersama terlebih dulu yang dihadiri langsung oleh Camat Sangkapura M. Syamsul Arifin, S. Sos., M.M beserta anggota Forkopimcam Sangkapura, Kepala Desa Sungai Teluk Senin, Danpol 1043 Satpol Airud Polres Gresik Resort Bawean, Bripka Shodiq Susanto, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama, Pukul 07:30 WIB, Minggu (14/8/2022).

Kepala Desa Sungai Teluk, Senin yang turut hadir dalam acara tersebut menyambut baik gotong royong nelayan pada pelaksanaan tradisi petik laut ini.

“Kalau kita guyub, senang gotong royong dalam hal kebaikan InsyaAllah diberikan keberkahan oleh Allah SWT. Jika warga tetap guyub, maka rezeki juga akan mengalir dan kita diberikan ketenangan dalam mencari nafkah,” Ujar Senin.

Dalam kesempatan itu, Senin mengingatkan kepada warganya yang berprofesi sebagai nelayan terkait dengan keselamatan jiwanya saat melaut dan mengajak agar nelayan mengikuti program jaminan keselamatan kerja lewat BPJS ketenagakerjaan.” Terang Senin.

Suryadi, Ketua panitia petik laut sekaligus ketua kelompok nelayan sungai topo mengatakan, bahwa petik laut merupakan warisan budaya leluhur yang dilakukan sebagai wujud dari ungkapan rasa syukur atas rezeki yang melimpah dan juga berharap kepada Allah SWT, agar nelayan Sungai Topo diberikan keselamatan dan kemudahan rezeki saat melaut.

“Lebih lanjut, Suryadi berharap kegiatan petik laut tahun depan bisa terselenggara yang lebih meriah lagi dan rencana akan di konsep lebih bagus lagi untuk bisa dijadikan daya tarik buat wisata lokal maupun asing.” Ungkapnya.

Usai kegiatan selamatan petik laut dan doa bersama di Dusun Sungai Topo, para nelayan langsung melaksanakan pawai perahu yang sudah dihias dengan berbagai macam bendera merah putih, umbul-umbul dan janur kuning yang dikawal oleh anggota Satpol Airud Polres Gresik wilayah Bawean. Kegiatan nelayan tidak selesai sampai disitu saja, pada sore hari diadakan pertandingan sepak bola antar perahu nelayan dilapangan pelabuhan Perikanan dengan keunikan setiap para pemain diwajibkan memakai sarung.” Tutup Suryadi.

Pawai perahu nelayan berangkat dari Pelabuhan Perikanan Bawean, Pukul 09:00 WIB yang dipimpin langsung oleh Danpol 1043 Satuan Polisi Airud Polres Gresik Resort Bawean, Bripka Shodiq Susanto.

Bripka Shodiq Susanto mengatakan, pengawalan pawai perahu nelayan dalam rangka petik laut berjalan dengan lancar, aman dan meriah. Ia, berharap tahun depan acara seperti ini akan tetap diselenggarakan oleh nelayan semeriah mungkin dengan dukungan dan kekompakan dari seluruh nelayan yang ada di Kecamatan Sangkapura.

“Dengan kolaborasi dan kekompakan dari semua nelayan yang ada di pulau Bawean, maka acara petik laut nelayan Bawean kembali terlaksana dengan meriah. Hal ini menandakan nelayan Bawean mulai bangkit dari dampak pandemi Covid-19.” Pungkas Bripka Shodiq Susanto, Senin (15/8/2022). (Fairi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here