Home Berita STERAD GELAR KEGIATAN BANGPUANKOM APKOWIL TNI AD TA 2023 DI KODAM IV/DIPONEGORO

STERAD GELAR KEGIATAN BANGPUANKOM APKOWIL TNI AD TA 2023 DI KODAM IV/DIPONEGORO

260
0

Yogyakarta, peloporkrimsus.com – Guna meningkatkan kemampuan prajurit Kodam IV/Diponegoro, Staf Teritorial Angkatan Darat (Sterad) menggelar kegiatan Kemampuan Komunikasi (Bangpuankom) Apkowil TNI AD Pengembangan TA 2023 bertempat di Hotel Hom Premiere, Timoho, Kota Yogyakarta. Rabu, 21 Juni 2023

Acara tersebut disaksikan oleh Paban II/Puanter Sterad Kolonel Inf Jaelan, SIP, Aster Kasdam IV/Diponegoro Kolonel Arm Tedjo Widuro, S.Sos., M.Si., dan Kasiter Kasrem 072/Pamungkas Kolonel Kav Agus Waluyo, SIP, Pabandya- 1/Binsiap Apwil dan Sarpras Spaban II/Puanter Sterad Letkol Inf Kadek Abriawan, SIP

Kegiatan ditandai dengan penyematan tanda peserta oleh Paban II/Puanter Sterad, Kolonel Inf Jaelan kepada perwakilan peserta tanda dimulainya kegiatan Pengembangan Kemampuan Komunikasi (Bangpuankom) Apkowil TNI AD TA 2023 dan pemberian cindera kepada mata Aster Kasdam IV/Diponegoro Kolonel Arm Tedjo Widuro.

Paban II/Puanter Sterad Kolonel Inf Jaelan, SIP, saat membacakan sambutan Aster Kasad menyampaikan bahwa perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi merupakan salah satu faktor yang berpengaruh dalam peradaban kehidupan manusia di dunia. Perkembangan Era Digital menjadi bukti bahwa manusia akan selalu berkembang dari masa ke masa.

Di era kemajuan teknologi saat ini, batas antar orang sebagai individu dan batas orang sebagai bagian dari masyarakat dunia menjadi sangat tipis dengan konsep wabah yang dipenuhi dengan digitalisasi.

“Perlu kita akui bersama, perkembangan dunia digital di dunia bisnis jauh lebih cepat dari pada di dunia pemerintahan. Kita banyak melihat penggunaan digital pada dunia bisnis yang signifikan misalnya Gojek, Gofood, Grab dan lain-lain, di dunia Perbankan sudah ada M-Banking, E-Banking dan lain-lain tentu kita semua sudah merasakan manfaatnya,” jelasnya.

Perkembangan digital dapat memberikan kemudahan dan manfaat positif apabila digunakan sebagai mana mestinya, namun juga akan membawa banyak dampak negatif apabila tidak digunakan dengan bijak.

“Dampak negatif dari perkembangan digital saat ini sebagai contoh berkembangnya berita Hoax yang sangat meresahkan kita semua. Hal ini tentu bukan merupakan harapan kita bersama,” tegasnya.

Personel TNI AD Khususnya personel Apkowil dalam pelaksanaan tugas binter harus mentransformasikan diri ke era digital melalui Binter Milenial. Tujuan dan sasaran binter akan dapat dilaksanakan dengan baik apabila kita semua memiliki pengetahuan, kemampuan dan keterampilan berkomunikasi yang baik serta semangat untuk mentransformasi diri ke dunia digital.

“Atas dasar pertimbangan tersebut, Sterad menyelenggarakan kegiatan Pengembangan Kemampuan Komunikasi Apkowil di jajaran Kodam IV/Diponegoro dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan tentang cara pembentukan opini/kontra opini di Medsos, pengetahuan tentang Kewenangan Pemberian Keterangan Pers di Lingkungan TNI AD dan keterampilan komunikasi digital serta tehnik dasar Public Speaking. Dengan demikian akan dapat menunjang keberhasilan pelaksanaan tugas Binter di wilayah di era yang penuh dengan digitalisasi,” pungkasnya.

Kegiatan Bangpuankom Apkowil TNI AD TA 2023 diikuti oleh 80 orang peserta terdiri dari Pasiter, Danramil dan Babinsa Kodim jajaran Kodam IV/Diponegoro dilaksananakan selama 3 hari mulai tanggal 21 s/d 23 Juni 2023.(her).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here