Home Berita TETAP PRODUKTIF DIMASA PANDEMI, RUTAN WATES BAGIKAN HASIL PANEN KEPADA MASYARAKAT KURANG...

TETAP PRODUKTIF DIMASA PANDEMI, RUTAN WATES BAGIKAN HASIL PANEN KEPADA MASYARAKAT KURANG MAMPU

114
0

WATES,Pelopor krimsus.com – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Wates terus melaksanakan pemberdayaan warga binaan pemasyarakatan (WBP) melalui Bimbingan kemandirian bidang pertanian dengan pengembangkan budidaya sayuran di area branggang dalam Rutan. Pada kesempatan kali ini, ditengah kondisi PPKM yang berkepanjangan, Rutan Wates kembali panen sawi dan kangkung yang menjadi sayuran andalan di Rutan Wates dan selalu di tanam di kawasan branggang dalam secara berkelanjutan dengan perawatan rutin oleh WBP, Kamis (26/08/2021).

Panen Kangkung dan sawi ini merupakan panen yang kesekian kalinya setelah sebelumnya kita melaksanakan panen sawi. Perlu diketahui tanaman tanaman tersebut merupakan salah satu jenis sayur pilihan di Rutan Wates yang cukup mudah untuk dibudidaya di lahan pertanian Rutan Wates dengan kondisi tanah yang mendukung dengan jangka waktu penanaman yang pendek berdasarkan pengalaman penanaman sebelumnya.

Selain untuk mengisi lahan kosong menjadi sesuatu yang bernilai, kegiatan budidaya Kangkung dan sawi ini juga merupakan wadah bagi Warga Binaan untuk mempraktekkan keterampilan bertani yang mereka miliki ditengah menjalani masa pidana di dalam Rutan. Hal ini juga merupakan salah satu kegiatan positif untuk mendorong Warga Binaan selalu aktif dan produktif terutama pada masa pandemi ini. Semangat Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Kelas IIB Wates dalam pengolahan pertanian ini patut diacungi jempol. pasalnya hasil kangkung yang dipanen tidak kalah dari kangkung yang dijual dipasaran.Selain itu para WBP juga sangat rajin dan ulet dalam merawat tanaman. Untuk diketahui panen kangkung dan sawi pada hari ini merupakan panen kangkung yang kesekian kalinya, pada hari ini kangkung yang dipanen kurang lebih sebanyak 300 kg.

Hasil panen dari sayuran tersebut digunakan untuk konsumsi warga binaan dan sebagian akan di distribusikan kepada Petugas. Selain itu hasil panen ini juga disisihkan untuk dibagikan kepada Masyarakat sekitar yang kurang mampu sekaligus kegiatan Public Campaign, ujar Karutan Wates, Deny Fajariyanto.

Selain menjadi bentuk kepedulian dan ucapan syukur atas panen berlimpah di Rutan Wates, Kegiatan pembagian sawi ini merupakan bentuk public campaign Rutan Kelas IIB Wates dalam membangun Zona Integritas Menuju WBK/WBBM dan membantu warga sekitar yang terdampak PPKM yang diperpanjang hingga akhir Agustus mendatang.

Sebanyak 100 ikat sawi dan kangkung telah dibagikan kepada Masyarakat. Diharapkan dengan kegiatan pembagian sawi ini menjadi sarana kita untuk membantu sesama insan yang tengah mengalami kesulitan di masa pandemic ini. Sedikit yang kita berikan akan sangat berguna bagi mereka yang membutuhkan.

Karutan juga menyampaikan harapannya semoga kegiatan pembinaan bagi Warga Binaan terus berjalan dan bisa terus dikembangkan. “Pengembangan sayuran ini sebagai salah satu upaya Rutan Wates dalam rangka menciptakan ketahanan pangan didalam Rutan sendiri sekaligus memberikan program kemandirian bagi WBP. Dari hasil panen ini nantinya akan kita beli bibit baru untuk ditanam kembali. Hasil panen akan kita distribusikan kepada pegawai dan untuk WBP sendiri. Setiap hasil panen ini akan selalu kita sisihkan dan bagikan kepada Masyarakat untuk membantu meringankan beban mereka dimasa masa sulit ini.” ungkap Karutan.

Pelaksanaan kegiatan telah mengedepan prokes pencegahan COVID-19. Seusai kegiatan pembagian Petugas mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta menggunakan handsanitizer.(her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here