Home Berita Wabup Gresik, Aminatun Habibah Hadiri Sosialisasi Tanam Tembakau Di Desa Gelam Sekaligus...

Wabup Gresik, Aminatun Habibah Hadiri Sosialisasi Tanam Tembakau Di Desa Gelam Sekaligus Beri Bantuan. 

613
0

Gresik, peloporkrimsus.com – Kegiatan di Desa Gelem menjadi penutup dalam rangkaian kegiatan pada hari pertama, kunjungan kerja Bu Min di Kecamatan Tambak Pulau Bawean. Di sini, Bu Min bersama Dinas Pertanian Kabupaten Gresik menggelar sosialisasi penanaman tembakau dan sekaligus pemberian bantuan kepada kelompok tani.

Pada kesempatan ini, dilakukan diskusi dua arah terkait berbagai kendala yang dihadapi petani. Terkait pupuk misal, dijelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Gresik selalu sigap dalam hal kelangkaan pupuk dengan meminta tambahan kuota kepada Kementerian Pertanian. Namun, sebagai timbal baliknya penyerapan pupuk yang sudah ada harus benar-benar dipastikan terserap.

Kegiatan ini dihadiri Forkopimcam Tambak dan Camat Sangkapura beserta Gapoktan dan Poktan di Pulau Bawean. Hadir pula perwakilan Dinas Pertanian Provinsi Jatim, yang membawahi bidang perbenihan. Dalam diskusi, Pemerintah Kabupaten Gresik mendorong adanya satu penangkar benih tanaman di Pulau Bawean, Senin (15/5/2023) malam.

“Sehingga tidak perlu lagi mendatangkan benih dari wilayah lain. Kita hasilkan di sini dan kita pakai juga di sini,” terang Kadis Pertanian Kabupaten Gresik Eko Anindhito.

Terkait tembakau, Pemkab Gresik tengah merintis budidaya tembakau di wilayah Kecamatan Tambak dan Sangkapura. Dengan lahan awal seluas satu hektar, program rintisan awal ini akan terus dikawal hingga mendapatkan hasil yang memuaskan.

Dukungan juga diberikan oleh Bu Min. Dikatakan bahwa pemanfaatan lahan untuk kegiatan bercocok tanam, akan memberikan manfaat kepada masyarakat khususnya masyarakat Pulau Bawean.

Bicara tentang penanaman tembakau, tidak lepas dengan adanya Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT). Pemanfaatan dana inipun cukup luas. Selain digunakan untuk peningkatan kesejahteraan petani tembakau, dana tersebut juga digunakan dalam bidang kesehatan, hingga pembekalan skill pada tenaga kerja.

“Melihat tanah di Pulau Bawean yang sangat subur ini, mari kita manfaatkan dengan bijak demi kesejahteraan bersama. Pulau Bawean ini punya banyak potensi, mulai dari pariwisata, perikanan, dan tidak ketinggalan potensi pertanian,” pungkas Bu Min. (Fairi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here