Home Berita Wabup Gresik, Bersama Kepala Disparbudparekraf Kabupaten Gresik Beri Apresiasi Atas Prestasi Bawean...

Wabup Gresik, Bersama Kepala Disparbudparekraf Kabupaten Gresik Beri Apresiasi Atas Prestasi Bawean Fishing. 

636
0

Gresik, peloporkrimsus.com – Bawean Sport Fishing (BSF) merupakan komunitas pemancing yang terdiri dari para kaula muda dan dewasa dari berbagai golongan nelayan setempat yang ada di Pulau Bawean. Komunitas ini terbentuk sekitar tahun 2013, yang diketuai langsung oleh Iwan Safari warga Dusun Sawah Laut, Desa Sawah Mulya, Kecamatan Sangkapura.

Atas pencapaian kinerjanya membawa para nelayan tradisional pecinta mancing di Pulau Bawean dengan mengikuti majunya teknologi saat ini, mancing ikan menggunakan umpan mainan bisa mendapatkan ikan beneran. Hal ini dibuktikan dengan piagam penghargaan Pariwisata Indonesia Terbaik yang diterima dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Ke-8 Award 2023, sebagai 10 Nominasi Terbaik kategori wisata Olah Raga dan Petualangan, Selasa (1/5/2023).

Wabup Gresik Hj. Aminatun Habibah didampingi Syaifuddin Ghozali selaku Kepala Dinas Pariwisata, Budaya, Pemuda dan Ekonomi Kreatif (Disparbudparekraf) Pemkab Gresik, mengapresiasi atas penghargaan yang dicapai Bawean Fishing dengan mengharumkan nama Pemkab Gresik. Ia, berharap semoga tahun depan bisa menjadi juara nasional,”BSF yess saja”, ucap Bu Min panggilan akrabnya wabup Gresik, Selasa (16/5/2023).

Iwan Safari mengungkapkan, ada sekitar enam nelayan tradisional asal Sabehlaok (Sawah Laut), dan dusun lainnya yang tergabung di Bawean Sport Fishing (BSF).

Lebih lanjut, Ewan sapaan akrabnya mengatakan, sebelum pandemi Covid-19, rata-rata setiap minggu ada sekitar 20 pemancing dari daratan Gresik, Surabaya, bahkan Malaysia dan Singapore, tergabung dengan komunitas teman-teman pemancing di Jakarta yang datang ke Pulau Bawean. Karena banyak diantara mereka (pemancing) menjadikan Pulau Bawean sebagai bagian dari trip adventure,” ucapnya.

Syaifuddin Ghozali mengapresiasi inisiatif para nelayan Bawean khususnya BSF yang dipimpin Iwan Safari atau lebih dikenal dengan sapaan Cak Ewan. Sebab dengan itu, wisata di Kota Gresik, khususnya di Pulau Bawean menjadi terangkat di kancah-kancah pecinta mancing nasional maupun internasional.

“Di sela-sela kegiatan kunjungan kerja dinas Wabup Gresik di Pulau Bawean, Syaifuddin Ghozali ikut mancing bersama BSF di area laut Pulau Chena yang berada di Desa Telukjatidawang, Kecamatan Tambak. Perlu diketahui, Anugerah Pesona Indonesia (API) merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap Pariwisata Indonesia. Dengan begini, wisata laut di Pulau Bawean bisa semakin maju dan terkenal,” pungkas Ghozali. (Fairi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here