Home Berita Workshop Penyusunan Standar Kompetensi Jabatan (SKJ) Pemkab Tanah Bumbu: Meningkatkan Kualitas Pelayanan...

Workshop Penyusunan Standar Kompetensi Jabatan (SKJ) Pemkab Tanah Bumbu: Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pemerintahan

305
0

Tanah Bumbu,peloporkrimsus.com – pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) mengambil langkah penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan pemerintahan dengan resmi membuka Workshop Penyusunan Standar Kompetensi Jabatan (SKJ) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanbu. Acara yang berlangsung di Gedung Mahligai Bersujud Kapet pada Senin (18/09/2023) ini dibuka oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Avian Noor, yang mewakili Bupati Tanah Bumbu, HM Zairullah Azhar.

Workshop yang dijadwalkan berlangsung selama empat hari, dari tanggal 18 hingga 22 September 2023, ini mendapat sorotan karena tujuan utamanya bukan hanya seremonial, tetapi untuk memberikan kontribusi nyata dalam penataan organisasi dan rekrutmen jabatan di lingkungan pemerintahan. Kabag Organisasi, M. Arif Rahman Hakim, menekankan pentingnya pemahaman tentang standar kompetensi jabatan dan peningkatan pengetahuan yang bisa diterapkan dalam tugas sehari-hari.

Dalam konteks rencana pembukaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) dalam waktu dekat, workshop ini bertujuan untuk merumuskan standar yang jelas bagi persyaratan rekrutmen P3K sehingga bisa mengakomodasi ASN di lingkup Pemkab Tanbu.

M. Arif Rahman Hakim menyoroti kompleksitas tugas di bidang organisasi, yang melibatkan pelaksanaan dan koordinasi unit-unit pemda. Ia berharap peserta dapat serius mengikuti workshop ini untuk mendukung visi dan misi pemerintah daerah.

Dalam sambutan yang dibacakan oleh Avian Noor, Bupati HM Zairullah Azhar menjelaskan bahwa workshop ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkungan Pemkab Tanbu. Hal ini penting untuk memastikan bahwa ASN memiliki kompetensi yang sesuai dengan jabatannya dan untuk meningkatkan profesionalisme mereka dalam mengembangkan potensi.

Avian Noor juga mengharapkan peserta dapat menyusun Standar Kompetensi Jabatan (SKJ) dengan mandiri atau bersama pihak ketiga. Hal ini diharapkan akan memungkinkan pelaksanaan SKJ di lingkup Pemkab Tanbu lebih mengakomodasi ASN sesuai dengan keahlian dan kompetensi masing-masing.

Workshop ini menjadi lebih berharga dengan kehadiran narasumber dari Dosen IPDN Kemendagri, yang akan memberikan wawasan tentang penyusunan SKJ dan pengembangan SDM di lingkungan pemda. Total 168 peserta dari berbagai bidang kepegawaian, kasubbag, serta tata usaha perangkat daerah turut serta dalam workshop ini, menandakan komitmen Pemkab Tanbu dalam menghadirkan pelayanan pemerintahan yang lebih baik.(Nata/team)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here