Home Berita 64 ODP Corona di Konawe Turun Status

64 ODP Corona di Konawe Turun Status

308
0

Unaaha, Peloporkrimsus.com – Sebanyak 64 orang warga Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) yang sebelumnya berstatus orang dalam pemantauan (ODP) Covid-19 turun status atau lepas pantau.

Juru bicara tim gabungan darurat corona Kabupaten Konawe, dr. Diah Nilasari menyebutkan, warga status ODP yang kini sudah lepas pantau di antaranya 49 tenaga kerja asing (TKA) di Kecamatan Morosi, dan 15 orang warga Kecamatan Unaaha (8 orang karyawan Toko Warni dan 7 orang karyawan Indomaret Adipura).

Menurut dokter spesialis radiologi ini, kasus ODP di Konawe tersisa 3 orang yaitu satu pasien dari Desa Tanggobu, satu orang dari Kecamatan Wawotobi, dan satu orang warga Kecamatan Unaaha. Sementara untuk pasien dalam pengawasan (PDP) ada tiga orang, yakni satu orang pekerja tambang di Kecamatan Routa, dan dua orang warga Kelurahan Tumpas, Kecamatan Unaaha.

Tiga PDP ini lanjutnya, dalam masa perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota kendari dan RSUD Bahteramas, sementara untuk pasien positif masih tetap dua orang.

“Untuk pasien positif dua orang, dan saat ini kondisi mereka stabil, tinggal menunggu hasil tes swab kedua. Nanti hasil tes kedua kalau negatif maka akan dilakukan tes lagi,” ujar Diah Nilasari, di posko darurat corona, Senin (30/3/2020).

Ia menyebut 49 orang TKA China yang rencananya akan bekerja di PT Virtue Dragon Nikel Industri (VDNI) Morosi dan 7 orang karyawan Indomaret tidak dilakukan rapid test, sebab status ODP mereka sudah berakhir beberapa hari yang lalu.

Berbeda dengan pasien yang bekerja di Toko Warni Unaaha, sebelum turun status mereka terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan rapid test dan hasilnya negatif.

Kata Dia, walaupun hasilnya negatif, pihaknya akan kembali melakukan pemeriksaan rapid test kedua terhadap 7 orang pekerja di Toko Warni.

“Kita akan kembali melakukan pemeriksaan rapid test pada 10 hari ke depan, kalau hasil tes ini negatif maka mereka dinyatakan benar-benar bersih dari virus ini.” ujarnya. (N.R)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here