Home Berita Anggaran Pemkab untuk PDAM Tanah Bumbu Kalsel sangat Besar

Anggaran Pemkab untuk PDAM Tanah Bumbu Kalsel sangat Besar

109
0

TANAH BUMBU, Peloporkrimsus.com –Tahun Anggaran 2021 Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu mengalokasikan anggaran sangat tinggi untuk pelayanan dasar air minum.

Hal ini selaras dengan program kerja bupati terpilih Zairullah Azhar, yang selalu disampaikannya pada saat kampanye tahun lalu 2020 lalu.

Anggota pokja AMPL (Air Minum dan Penyehatan Lingkungan) Kabupaten Tanah Bumbu Malik ketika dikonfirmasi masalah ini membenarkan.

Untuk pengembangan air minum perkotaan, pada tahun 2021 Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu mealokasikan anggaran sebesar Rp25.300.000.000,- yang terdiri dari, pembangunan booster pump gunung tinggi, lokasi gunung tinggi sebesar Rp. 1,5 Miliar.

Peningkatan jaringan pipa distribusi gunung tinggi ke RSUD, sebesar Rp 3 Miliar.
Peningkatan jaringan pipa distribusi SPAM IKK Sungai Loban sebesar Rp. 1,5 Miliar
DAK Air minum tematik stunting sebesar Rp. 15,5 M di 15 desa, yaitu desa saring Sei Binjai, Desa Kampung Baru, Desa Muara Pagatan Tengah, Desa Muara Pagatan, Desa Rantau Panjang Hilir, Desa Rantau Panjang Hulu, Desa Karya Bakti, Desa Tanete, Desa Karang Mulya, Desa Indra Lokajaya, Desa Maju Makmur, Desa Pematang Ulin, Desa Maju Sejahtera, Desa Madu Retno, dan Desa Karang Intan.

Menurut Malik, adapun kegiatan yang dilakukan adalah berupa pengembangan jaringan distribusi dan sambungan rumah dengan cakupan sebanyak 2.439 SR.
DAK air minum tematik kemiskinan sebesar Rp. 3,873 M di 4 desa, yaitu desa Wonorejo Satui, Desa Sumber Sari Sei Loban, Desa Sidomulyo Mantewe dan Desa Sepunggur Kusan Hilir.

Adapun kegiatan yang dilakukan, jelas Malik, adalah berupa pengembangan jaringan distribusi dan sambungan rumah dengan cakupan sebanyak 782 SR.

Dari total anggaran pengembangan air minum perkotaan tersebut dapat melayani sambung rumah sebanyak 3.211 SR.

Sedangkan untuk penyediaan Air Minum Perdesaan, pada tahun anggaran 2021 dialokasikan anggaran sebesar Rp. 4.900.000.000.

Anggaran tersebut mencakup 20 Desa Pamsimas yaitu desa setarap, Satui Timur, Rejowinangun, Madu Retno, Batu Ampar, Kusambi, Pulau Panjang, Sumber Makmur, Desa Makmur, Sumber Sari, Pakatellu, Maju Mulyo, Indra lokajaya, Suka Maju, Trimartani, Wanasari, Danau Indah, Serdangan, Polewali Marajae dan Sekapuk, sedangkan pembangunan system penyediaan air minum yang akan dibangunkan dari anggaran tersebut yaitu Menara Air, Ground Reservoir, Sistem Pengolahan, Dinding Penahan Penangkap Mata Air, Perpipaan serta Sambungan Rumah dengan Total Sambungan Rumah ada 3.153 KK atau 10.346 Jiwa. Dalam pelaksanaan ini juga untuk mendukung pencegahan Covid 19 Pamsimas akan membangun sarana CTPS di 17 Desa dan 3 Desa Reguler pembangunan MCK sekolah.

Selain dari anggaran belanja daerah, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu juga akan menggali sumber-sumber pendanaan lainnya seperti CSR untuk mencapai target 100% cakupan pelayanan air minum. (Team)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here