Home Berita Bentuk Kepedulian,Di Hari Kartika 2017 Koramil 0816/06 Laksanakan Sreening Awal Penderita Katarak

Bentuk Kepedulian,Di Hari Kartika 2017 Koramil 0816/06 Laksanakan Sreening Awal Penderita Katarak

275
0
Koramil 0816/06 Melaksanakan Pendampingan Screening Awal Pasien Katarak Di Puskesmas Tanggulangin

SIDOARJO, PH-Krimsus :  Sebagai bentuk kepedulian dan pengabdian sosial, jajaran Kodim 0816 Sidoarjo khususnya Koramil 0816/06 Tanggulangin.Bekerjasama dengan UPT Puskesmas Tanggulangin kabupaten Sidoarjo dengan melaksanakan screenning awal terhadap warga masyarakat yang diduga menderita Katarak bertempat di Puskesmas Tanggulangin Selasa (21/11).

Danramil 0816/ 06 Tanggulangin Kapten Inf. Dwi Umiyanto kepada wartawan Selasa (21/11) mengatakan,’’kegiatan ini digelar sebagai wujud kepedulian dan pengabdian sosial Koramil yang bersifat positif dalam merespon kesulitan rakyat yang menderita penyakit mata katarak.hal ini terutama untuk meringankan beban finansial mereka , dengan melibatkan tenaga medis yang berpengalaman dalam membantu penyembuhan penyakit mata mereka.

Menurut Dwi, pelaksanaan screening ini bertujuan untuk menentukan kondisi penyakit mata katarak dan kesehatan yang diderita si pasien sebelum dikirim ke Korem 084/ BJ pada tanggal 22 November sampai 24 Nopember 2017 dalam rangka kegiatan pemeriksaan lanjutan untuk layak dilaksanakan intensif( dioperasi) pada tanggal 4 December 2017 bertempat di RS Brawijaya Kodam V Brawijaya Surabaya nantinya.

“Kegiatan ini dalam rangka’ Bhakti Sosial memperingati Hari Juang Kartika Tahun 2017. Ungkap Danramil 0816/ 06 Tanggulangin Kapten Inf Dwi Umiyanto.
Dalam pelaksanakan Screenning awal terhadap pasien yang diduga menderita katarak diikuti dan diketahui sebanyak 28 orang masyarakat kecamatan Tanggulangin, yang terdiri 16 pasian Laki-laki dan 12 pasien perempuan. Sedangkan jumlah pasien yang memenuhi persyaratan untuk dikirim ke Korem 084/ BJ sebanyak 15 orang.“Harapan kami selaku aparat teritorial tentunya untuk membantu pemerintah daerah dalam mengatasi permasalahan kesehatan masyarakat yakni penyakit mata katarak “.dan semua pasien tersebut bisa untuk dilakukan operasi katarak agar bisa sembuh seperti semula”. Pungkasnya.

Sementara Drg Erny Wahyuni selaku Kepala Puskesmas Tanggulangin mengatakan, bahwa diwilayah Tanggulangin sesuai data warga menderita katarak sekitar 50 orang. Namun diantara penderita katarak tersebut sudah ada yang menjalani operasi baik di Puskesmas maupun di Rumah Sakit lain. Dengan adanya koordinasi Koramil 0816/ 06 dan Puskesmas Tanggulangin  untuk menyelenggarakan kegiatan screening awal bagi penderita katarak tersebut sangat membantu Puskesmas dalam memberantas penderita katarak di wilayah Tanggulangin,ujarnya.

Salah satu pasien yang mengikuti screening awal, Ibu Gini  (60 Th) warga  desa Kedensari RT. 17  RW. 05.Bersyukur dengan adanya program ini,dan menyampaikan rasa terima kasih kepada Koramil dan Puskesmas Tanggulangin yang telah mengajaknya untuk dilakukan screening awal guna mendapatkn pelayanan operasi katarak untuk kesembuhan,katanya.(ltf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here