Home Berita Bupati Buka Pesta Adat Mappanreritasie Pagatan Tanah Bumbu

Bupati Buka Pesta Adat Mappanreritasie Pagatan Tanah Bumbu

15
0

Tanah Bumbu,peloporkrimsus.com – Setelah sempat dua tahun ditiadakan, pesta Laut Pagatan atau Pesta Adat Mappanreritasie dibuka Bupati Tanah Bumbu (Tanbu), Abah HM Zairullah Azhar, 12/4/2022

Pelaksanaan pesta adat yang biasanya dipenuhi pedagang lokal dan luar daerah di Pantai Pagatan, Kabupaten Tanbu, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), ini akan berlangsung hingga 22 Mei 2022.

Stan atau kios yang dibangun tahun ini tidak lagi menggunakan tenda, namun mengandalkan ala tradisional, yakni dari bangunan kayu dan atap daun nipah.

Panitia lebih mengandalkan tenaga masyarakat setempat. Dan saat ini, di pantai dan sekeliling lapangan sepak bola 7 Februari Pagatan, sudah ada bangunan kios tersebut.

Hal ini diungkapkan Kepala Lembaga Adat Ogi Tanbu, Fawahisah Mahabbatan. Event ini dilaksanakan adalah sebagai ungkapan syukur nelayan karena limpahan hasil ikan lautnya srlama satu tahun.

Event ini merupakan adat Bugis yang dilalsanakan setiap tahun yang digelar tiap April, bertepatan Hari Jadi Kabupaten Tanbu dan tahun ini mamanfaatkan kearifan lokal.

“Kegiatan tahunan ini sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT dan ini digelar tiap April yang masuk dalam kalendar Pemkab Tanah Bumbu,” katanya.

Tahun ini bertepatan dengan bulan Ramadan, dan bertepatan di hari jadi ke-19 kabuaten tanah bumbu dengan berbuka puasa bersama dan diisi dengan tausiah.

Sementara itu, Abah Zairullah Azhar, menyampaikan apresiasi kepada lembaga adat karena memberdayakan masyarakat lokal. Mereka bisa memperoleh pendapatan dari pembangunan stand tersebut.

Ini merupakan budaya masyarakat khususnya nelayan dan ini memang tidak bisa dihilangkan dan menjadi daya tarik masyarakat untuk datang ke Tanah Bumbu.

“Perekonomian masyarakat akan meningkat dan perputaran uang akan lama disini karena waktunya cukup lama dilaksanakan, ” katanya.

Dia berharap kegiatan ini tetap bernuansa islami Tanahbumbu menuju Serambi Madinah.

Pembukaan event Mappanre ritasie ini dihadiri Forkopimda, di antaranya Kepala Kejaksaan, Dandim, Kapolres, DPRD, MUI dan tokoh agama. (team )

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here