Home Berita Cegah Potensi Konflik Sosial, Dinas Sosial Gelar Forum Perdamaian Lintas Desa

Cegah Potensi Konflik Sosial, Dinas Sosial Gelar Forum Perdamaian Lintas Desa

583
0

Bima, peloporkrimsus.com – Forum Keserasian Sosial Desa kananga dan Talabiu dibawah naungan Dinas Sosial Kabupaten Bima mengggelar Dialog mengantisipasi terjadinya kesenjangan sosial bersama Direktorat Perlindungan Jaminan Sosial Kementerian Sosial yang dipusatkan di Aula Pesantren Al Maliki Sabtu (07/07/19).

Deputi Pembagunan Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Kementerian Sosial Ponco Respati Nugroho menjelaskan dalam rangka mendeteksi konfik sosial forum yang sudah terbentuk ini merupakan langkah untuk mengantisipasi terjadinya konflik sosial,dengan adanya dialog seperti ini forum tingkat desa dapat terdeksi dini ungkapnya.

“Dengan adanya forum seperti yang terbentuk di desa Talabiu dan Kananga keberdaan forum seperti inu merupakan salah satu program dari Dinsos dan koordinasi dengan Kemensos sehingga setiap maslaah yang ada dapat di antisipasi,”ujarnya.

Dijelaskannya,jika ada persoalan yang terjadi kerawanan sosial akan dicegah melaui forum Dinsos dan akan dibantu santunan dan bantuan Ekonomi jika terjadi maslaah konflik sosial melalui koordinasi lintas sektor.

Ia menambahkan,Tim terpadu Kerawanan Sosial dapat melakukan deteksi ini dengan forum antisipasi yang terbentuk dari desa sampai tingkat pusat,melalui pelibatan toga toma dan pemuda dapat dilaksanakan oleh tim terpadu bebernya.

“Masyarakat secara individu dan kelompok diminta dapat mengantisipasi dengan cara yang santun karna kesadaran dalam kehidupan sosial dapat berjalan dengan baik tanpa ada konfiik,”ajaknya.

Sementara itu Koordinator Pendamping FKS, Ruslin mengatakan sasaran program ini merupakan sinergitas antara kelompok, program penanganan ini mengedepankan fokus pada penanagan konfilk sosial, baik secara umum dan personal sehingga dengan adanya forum seperti ini dapat deteksi dengan adanya forum dialog dan bantuan lainnya tandasnya.(Rif)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here