Home Berita Cegah Rombongan Massa Aksi Jelang Putusan MK, Polres Gresik Lakukan Penyekatan dan...

Cegah Rombongan Massa Aksi Jelang Putusan MK, Polres Gresik Lakukan Penyekatan dan Operasi Kendaraan

217
0

Gresik, peloporkrimsus.com – Mengantisipasi kelompok massa aksi yang akan berangkat ke Jakarta jelang sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2019 oleh Mahkamah Konstitusi (MK), Kepolisian Resort Gresik lakukan penyekatan massa di wilayah perbatasan Gresik – Surabaya dan Perbatan Gresik – Lamongan.

Kapolres Gresik AKBP Wahyu S Bintoro, SH SIK MSi mengatakan bahwa penyekatan dilakukan dengan langkah persuasif, misalnya himbauan. “Kami sudah melakukan berbagai upaya dengan melakukan himbauan-himbauan juga bersama tokoh masyarakat dan tokoh agama serta 3 pilar kamtibmas yang menolak segala bentuk aksi kerusuhan pada putusan MK, selain itu juga melakukan penyekatan-penyekatan diwilayah perbatasan guna antisipasi rombongan massa aksi,” ungkap Kapolres Gresik pada giat operasi penyekatan kendaraan (25/6/19) malam.

“Penyekatan sifatnya juga dalam rangka persuasif dan edukasi ke masyarakat,” imbuh dia.

Selain itu, lanjut Kapolres Gresik, perjalanan jauh juga memiliki risiko yang cukup tinggi, apabila terjadi kecelakaan dan sebagainya, sehingga ia mengimbau warga Gresik yang ingin menyampaikan aspirasinya bisa dilaksanakan di wilayah Gresik dan tidak perlu ke Jakarta.

“Kami terus memantau dan mengantisipasi mobilisasi massa ke Jakarta dengan melakukan razia secara berkelanjutan di terminal, stasiun, dan sejumlah agen travel yang menyewakan bus ke Jakarta,” katanya.

Selain itu, lanjut dia, petugas juga melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan penumpang untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan karena para penumpang dilarang membawa senjata tajam, miras dan obat-obatan terlarang sejenisnya.

Dari pantauan media ini, kegiatan penyekatan oleh Kepolisian Resort Gresik dilakukan di Simpang empat Nippont Paint arah masuk tol Romokalisari perbatasan Gresik-Surabaya dan di depan kantor Pemkab Gresik (arah keluar wilayah Kabupaten Gresik) dengan personil gabungan Tim Black Panther Polres Gresik, Satlantas Polres Gresik dan Dalmas Kerangka -/+ 102 personil. (MRT) .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here