Home Berita DANGSANAK: Inovasi Terbaru Dalam Pelayanan Pendidikan Kabupaten Tanah Bumbu

DANGSANAK: Inovasi Terbaru Dalam Pelayanan Pendidikan Kabupaten Tanah Bumbu

251
0

Batulicin,peloporkrimsus.com – 4 Mei 2024 – Dalam semangat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya Pendidik & Tenaga Kependidikan (PTK), Dinas Pendidikan Kabupaten Tanah Bumbu (Disdik Tanbu) memperkenalkan solusi revolusioner berupa aplikasi layanan online berbasis web yang bernama ‘DANGSANAK’.

Kolaborasi antara Aplikasi layanan BPMP Provinsi Kalimantan Selatan dengan Disdik Tanbu ini bertujuan untuk menyederhanakan akses dan penggunaan layanan pendidikan bagi semua pihak.

Hairan SE, Kasubag Umum & Kepegawaian Disdik Tanah Bumbu, menjelaskan bahwa aplikasi DANGSANAK adalah hasil dari dedikasi mereka dalam pelatihan BIMTEK penguatan ULT yang diselenggarakan oleh BPMP Provinsi Kalimantan Selatan.

Sejak peluncurannya pada Februari 2023, aplikasi ini telah terbukti memberikan manfaat yang signifikan dengan dukungan dari dua staf, Lia Amelia dan Syarifah Masitah, yang aktif di meja reception.

Keunggulan utama dari DANGSANAK adalah memungkinkan masyarakat untuk memperoleh informasi dan layanan tanpa perlu datang langsung ke Unit Layanan Terpadu (ULT).

Hairan menjelaskan, “Layanan melalui aplikasi ini sudah tersedia sejak Februari tahun 2023. Dua staf yang kami utus, Lia Amelia dan Syarifah Masitah, keduanya sedang bekerja di meja reception.”

Proses penggunaan aplikasi ini sangatlah mudah. Pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi DANGSANAK melalui Playstore atau mengaksesnya melalui situs web resmi. Setelah masuk ke aplikasi, pengguna dapat login dengan akun yang sudah ada atau mendaftar akun baru jika belum memiliki. Selanjutnya, mereka dapat mengakses berbagai layanan yang tersedia dan mengajukan permintaan atau pertanyaan melalui formulir yang telah disediakan.

Selain itu, Disdik Tanbu juga menyediakan berbagai layanan di ruang tunggu mereka, termasuk legalisasi ijazah, pelayanan mutasi siswa, pengajuan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), rekomendasi izin operasional sekolah, dan layanan administrasi pendidikan lainnya.

Dengan adanya inovasi ini, Disdik Tanbu bertujuan memberikan kemudahan akses dan meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan kepada masyarakat, yang diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Tanah Bumbu.”(Team)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here