Home Berita Dinas Parekrafbudpora Gresik Gelar Sosialisasi Museum Daerah Kabupaten Gresik “Sunan Giri” di...

Dinas Parekrafbudpora Gresik Gelar Sosialisasi Museum Daerah Kabupaten Gresik “Sunan Giri” di Pulau Bawean.

369
0

Gresik,peloporkrimsus.com- Dinas Parekrafbudpora Kabupaten Gresik melalui Kepala Bidang Pariwisata Gresik, Mudi Rahayu, S.Sos.,M.Si melaksanakan Sosialisasi Museum Daerah Kabupaten Gresik “Sunan Giri” di Pulau Bawean. Museum Sunan Giri di Kabupaten Gresik dan menawarkan berbagai koleksi bersejarah, tak terbatas hanya pada benda yang berkaitan dengan Sunan Giri.

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan selama dua hari didepan Pesanggrahan milik Pemkab Gresik di Pulau Bawean, tepatnya di Dusun Boom, Desa Sawahmulya, Kecamatan Sangkapura, Senin (10/6/2024).

Mudi Rahayu, S.Sos.,M.Si. selaku Kepala Bidang Pariwisata Gresik menyampaikan, kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat Pulau Bawean, bahwa di Kabupaten Gresik memiliki sebuah Museum Sunan Giri.

Dulunya, Museum Sunan Giri merupakan museum khusus yang diresmikan pada 9 Maret 2002. Dilansir laman Pemkab Gresik, pendirian museum ini dilatarbelakangi oleh banyaknya tinggalan arkeologi dan sejarah di Kabupaten Gresik, baik di alam maupun di kalangan masyarakat.

Lebih lanjut Mudi Rahayu mengatakan, Museum Daerah Kabupaten Gresik “Sunan Giri” memiliki visi dan misi, untuk mewujudkan tata ruang dan pamer koleksi museum yang menarik informatif dan menyenangkan, menjadikan museum sebagai sarana enkulturasi, serta sebagai city image daya tarik wisata.

“Dinas Parekrafbudpora Kabupaten Gresik melalui Museum Sunan Giri mempunyai program kerja yakni; Mengumpulkan dan mendokumentasikan benda-benda budaya dari Kabupaten Gresik. Selain itu, mengkonservasikan benda-benda koleksi untuk dipamerkan kepada masyarakat, serta menyajikan benda-benda untuk menarik minat masyarakat datang ke museum sehingga dapat berfungsi sebagai tempat pendidikan, penelitian serta rekreasi”, ungkapnya.

Koleksi Museum Sunan Giri, diantaranya: Naskah Khutbah Jum’at, Pelana Kuda, Tombak, Umpak kayu, Keris Kalamunyeng, Fragmen Sajadah, Sorban, Bedug, Rebana, Al-Qur’an tulisan tangan.

Mudi Rahayu berharap, melalui sosialisasi ini bisa tersampaikan kepada seluruh lapisan masyarakat Pulau Bawean, bahwa Kabupaten Gresik mempunyai museum Sunan Guri. Dengan kehadiran Dewan Guru dalam kegiatan ini bisa menyampaikan kepada siswa-siswinya dan juga ikut membantu mempromosikan kepada seluruh masyarakat Pulau Bawean. Museum Sunan Giri berada di Jl. Sunan Giri, Pedukuhan, Kebomas, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Selasa (11/6/2024).

Sekedar diketahui, sosialisasi ini diisi dengan beberapa rangkaian kegiatan, seperti lomba membaca puisi dari tingkatan SMP/ MTs sederajat, dan lomba mewarnai tingkat SD

Hadir dalam kegiatan sosialisasi Camat Sangkapura, Umar Junid, S.Sos.,MM. Kapolsek Sangkapura Iptu Anas Tohari, Danramil Sangkapura diwakili Serda Mirsal, Kepala UPT Destinasi Wisata Terpadu Wilayah Bawean beserta jajaran, Tokoh agama dan masyarakat, Para Guru Sejarah. (FR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here