Home Berita Dokter Gigi Wilayah Bawean Gelar Baksos Di Hari Kesehatan Gigi Nasional di...

Dokter Gigi Wilayah Bawean Gelar Baksos Di Hari Kesehatan Gigi Nasional di UPT. SDN 347 Gresik.

15
0

Gresik,peloporkrimsus.com – Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) di wilayah Bawean, menggelar Bakti Sosial dalam rangka memperingati hari Kesehatan Gigi Nasional yang bertema” Pulih Bersama Dengan Senyum Sehat Indonesia” yang jatuh pada tanggal 12 September 2022.

Kegiatan Bakti Sosial dilaksanakan di UPT. SDN 347 Gresik, Pukul 08:30 WIB yang diprakarsai oleh Dokter-Dokter Gigi dari RSUD. Umar Mas’ud Bawean dan dibantu oleh beberapa Perawat Kesehatan Gigi dari Puskesmas Sangkapura dan Puskesmas Tambak, Sabtu (17/9/2022).

dr. Aditya mengatakan, dilaksanakannya kegiatan bakti sosial untuk siswa Sekolah Dasar merupakan bagian penting dalam cara merawat dan menjaga kesehatan gigi.

Lebih lanjut dr. Aditya mengatakan, sebenarnya untuk memperingati hari Kesehatan Gigi Nasional diperingati setiap tanggal 12 September, namun untuk Kepulauan Bawean sesuai arahan dari Kabupaten Gresik yang tidak mengikuti secara serentak. Maka kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 17 September, katanya.

“Dalam kegiatan ini ada beberapa rangkain kegiatan yang dilakukan yakni memberikan penyuluhan kepada semua siswa SDN 347 Gresik, diantaranya: cara mencuci tangan dengan menggunakan sabun, cara menggosok gigi yang benar dan dilanjutkan dengan mempraktekkan menggosok gigi bersama di halaman sekolah,” Terangnya dr Aditya.

Adit sapaan akrab dokter RSUD. Umar Mas’ud Bawean menambahkan, selain kegiatan tersebut pihaknya bersama perawat ikut peduli dengan membagikan susu sport gizi untuk semua siswa dan menyerahkan secara simbolis piagam penghargaan kepada Plt Kepala Sekolah SDN 347 Gresik, Muksin, S. Pd atas peran sertanya dalam hari Kesehatan Gigi Nasional 2022 sebagai Pemecahan Rekor Muri Sikat Gigi Pagi dan Malam pada tanggal 12 September 2022, yang diberikan oleh Ketua PB PDGI, drg. Usman Sumantri, M. Sc., kepada UPT. SDN 347 Gresik, pungkasnya.

Muksin, S. Pd, selaku Plt Kepala Sekolah SDN 347 Gresik, atau lebih dikenal dengan sebutan SD SAMUTU (Sawah Mulya Satu) menuturkan, dengan adanya kegiatan ini pihaknya sangat bersyukur dan berterimakasih kepada dokter beserta perawat dari RSUD. Umar Mas’ud Bawean dan Puskesmas Sangkapura maupun Puskesmas Tambak. Dalam hal ini diantaranya: dr. Aditya, dr. Elizzamah, dr. Syaifuddin, dr. Nur Azizah, dr. Rendra, dr. Saiful Umami, dan dibantu oleh perawat kesehatan yakni Isuddin, Amd. Kes.Gi, Hj. Firdaus, Amd. Kes.Gi, Ida Oktavia, Amd. Kes.Gi, Musriati, Amd. Kes.Gi, Chasmiyah Ningsih, Amd. Kes.Gi, ujarnya.

Masih Muksin mengatakan, kegiatan yang digelar sekarang ini berkaitan juga dengan kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang sering dilakukan oleh pihak sekolah. Selain itu SDN 347 Gresik mempunyai program dokter kecil binaan dari Puskesmas Sangkapura dan RSUD. Umar Mas’ud Bawean dari program tersebut, maka pihaknya memerankan anak-anak (siswa) yang sudah mendapatkan pelatihan sebagai Duta Kesehatan dan memberikan edukasi kepada teman-temannya yang lain di sekolah.

Muksin berharap dengan kegiatan seperti ini semua siswa bisa mengetahui mulai dini cara merawat gigi yang baik, dan mengetahui apa saja makanan yang bisa merusak gigi. Dua point penting ini dalam kegiatan yang telah dilakukan dalam rangka memperingati hari Kesehatan Gigi Nasional 2022, kedepannya siswa sudah tidak kesulitan lagi dalam masalah gigi, ” Tutupnya. Sabtu (17/9/2022). (Fairi).

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here