Home Berita DPD GERAK NTB, Bertemu Wakil Bupati Bima Bahas Pelatihan Aparatur Desa dan...

DPD GERAK NTB, Bertemu Wakil Bupati Bima Bahas Pelatihan Aparatur Desa dan Penggunaan Anggaran Dana Desa

639
0

Bima, Peloporkrimsus.com – Ketua Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Rakyat Anti Korupsi Indonesia (DPD GERAK INDONESIA) Provinsi Nusa Tenggara Barat, Iswahyudin, SH. mengatakan Pertemuan membahas dan menyampaikan kepada Wakil Bupati Bima, tentang agenda Pelatihan Aparatur Desa dan Penggunaan Anggaran Dana Desa Se-Kabupaten Bima yang  akan di laksanakan dalam rangka memperingati hari Anti Korupsi Internasional Diruangan Wakil Bupati Senin (26/11/18) kegiatan akan dihelat Pada tanggal , 9 Desember 2018.Jelasnya.

Iswahyudin, SH juga memaparkan kegiatan Pelatihan Aparatur Desa  dan Penggunaan Anggaran Dana Desa itu kami akan mengandeng BPKP RI Wilayah NTB, kemudian Unsur Kejaksaan, dan Kepolisian, untuk menjadi Narasumber dalam kegiatan tersebut melibatkan 191 Desa Se-Kabupaten Bima.

“Dan rencana Pelatihan tersebut akan digelar selama 2 hari di Hotel Mutmainah Kota Bima, sebagai langkah pencegahan Kami mengadakan kegiatan Pelatihan tesebut untuk memberikan pembinaan kepada seluruh Kepala Desa di Kabupaten Bima agar bisa sama-sama kita mengontrol penggunaan Anggaran Dana Desa tersebut karna hampir seluruh desa mengelola Anggaran di atas 1 Miliyar lebih dengan kehadiran BPKP RI Wilayah NTB akan memberikan Panduan kepada Aparatur Desa tentang mekanisme Penggunaan Anggaran Dana Desa,”ungkap Aktivis Pemerhati Korupsi.

Kenapa perlu kami libatkan BPKP RI Wilayah NTB, Kejaksaan dan Kepolisiaan dalam pelatihan ini,? tentu semua Institusi tersebut memiliki kapasitas untuk membahas tentang upaya Pencegahan Tindak Pidana Korupsi di lingkungan Aparatur Desa.

Iya berharap, Kepada Seluruh Kepala Desa Se-Kabupaten Bima agar bisa melibatkan diri dalam kegiatan Pelatihan tersebut karna ini merupakan langkah pencegahan dini sebelum terjadinya penyalahgunaan Anggara Dana Desa karna kegiatan Pelatihan tersebut untuk memberikan pembinaan kepada seluruh Kepala Desa di Kabupaten Bima,agar bisa sama-sama  mengontrol penggunaa Anggaran Dana Desa yang hampir seluruh desa di atas 1 Miliyar lebih.

Kata dia, dengan kehadiran BPKP RI Wilayah NTB, akan memberikan  Panduan kepada Aparatur Desa agar mekanisme penggunaan dana desa bisa dilaksanakan dengan baik,  Kami melibatkan Kejaksaan dan Kepolisiaan dalam pelatihan ini tersebut tentu Institusi terkait memiliki kapasitas membahas tentang upaya pencegahan tindak pidana korupsi.  mengharapakn kepada seluruh kepala desa Se-Kabupaten Bima agar bisa melibatkan diri dalam kegiatan Pelatihan tersebut karna ini merupakan langkah pencegahan.

Sementara itu Wakil Bupati Bima Drs. H. Dahlan M. Nur,M,Pd mengapresiasi kegiatan yang akan di gelar oleh DPD gerak NTB. iya menyarankan kepada Ketua DPD Gerak Indonesia NTB, agar secara resmi kepada Bupati dan Wakil Bupati Bima agar kami bisa menindaklajuti, karna kegiatan positif seperti ini sangat kami harapkan untuk membantu Pemerintah dalam rangka upaya pencegahan tindak pidana korupsi di lingkungan pemerintah terlebih bagi seluruh aparatur desa,Ujar Wabup.(Rif)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here