Home Berita DPRD Tanah Bumbu Mengapresiasi Puncak Event Budaya Maritim Mappanre Ri Tasi ‘E...

DPRD Tanah Bumbu Mengapresiasi Puncak Event Budaya Maritim Mappanre Ri Tasi ‘E 2023

532
0

Tanah Bumbu, peloporkrimsus.com – Setelah berlangsung selama dua minggu, acara Puncak Pesta Pantai Event Budaya Maritim Mappanre Ri Tasi ‘E resmi ditutup di Pantai Pagatan, Kabupaten Tanah Bumbu. Penutupan acara ini diawali dengan penampilan tari tradisional Bugis, Mesa Kanne, pada tanggal 4 Juni 2023.

Bupati Tanah Bumbu, H.M. Zairullah Azhar, dan jajaran pejabat lainnya mengenakan pakaian muslim putih dengan sarung tenun khas Pagatan saat menuju panggung utama Mappanre Ri Tasi ‘E. Anggota DPRD Tanah Bumbu dan Ketua DPRD juga turut hadir untuk memeriahkan acara ini.

Ketua DPRD Tanah Bumbu, Andrean Atma Maulani, SH, sangat mengapresiasi terselenggaranya acara ini. Dia menekankan pentingnya menjaga, mengembangkan, dan memanfaatkan kearifan lokal serta nilai-nilai budaya yang terkandung dalam Pesta Adat Mappanre Ri Tasi ‘E, yang merupakan event tahunan yang membanggakan masyarakat Tanah Bumbu. Acara ini juga diisi dengan kegiatan bernuansa religius yang mengedepankan nilai-nilai persatuan.

DPRD Tanah Bumbu siap memberikan dukungan dalam meningkatkan dan membesarkan event atau kegiatan kebudayaan di Kabupaten Tanah Bumbu melalui regulasi dan dukungan anggaran sesuai dengan tugas dan fungsi mereka.

Acara penutupan ditandai dengan rombongan Bupati Tanah Bumbu dan anggota Forkopimda yang menyusuri lepas Pantai Pagatan menggunakan kapal nelayan. Mereka dipandu oleh para sandro dan tokoh ulama sambil memanjatkan doa keselamatan dan keberkahan bagi para nelayan. Perayaan ini telah mengalami perubahan, di mana prosesi ritual potong hewan di atas kapal tidak dilakukan lagi. Namun, mereka tetap merayakannya dengan makan di laut sebagai ungkapan rasa syukur atas rezeki para nelayan.

Sebelumnya, Bupati menyampaikan bahwa selamatan ini merupakan ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas limpahan rezeki kepada nelayan di Tanah Bumbu. Acara ini juga sejalan dengan motto “Nelayan Berkah Tanbu Sejahtera.”

Acara ini juga diisi dengan pembagian gratis 1.000 Sokko Tumbu, makanan khas Bugis, dan pembagian makanan gratis kepada masyarakat dalam Festival Kuliner 23 etnis Nusantara. Pesta Pantai Mappanre Ri Tasi ‘E berlangsung dari 20 Mei hingga 4 Juni 2023. (Adinata/team)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here