Home Berita DPRD Tanbu Terima Kunjungan Kanwil Kemenkumham Kalsel

DPRD Tanbu Terima Kunjungan Kanwil Kemenkumham Kalsel

57
0

Tanah Bumbu, peloporkrimsus.com – DPRD Tanah Bumbu (Tanbu) menerima kunjungan dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Kalimantan Selatan (Kalsel), Kamis (13/1).

Kunjungan diterima langsung Ketua DPRD Tanbu, H Supiansyah, dalam rangka silaturahmi serta audiensi persiapan peresmian Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas III Batulicin.

“Sebagai bentuk dukungan pemerintah daerah, ekskutif dan legeslatif. Kami sangat men-support pembangunan Lapas III Batulicin dengan memberikan bantuan sarana dan prasarana penunjang guna percepatan penyelesaiannya,” ungkap Supiansyah, saat audiensi.

H Upi panggilan akrabnya mengatakan pihaknya telah memberikan dukungan anggaran untuk pembangunan dua bilik serta pengadaan lampu untuk Lapas Batulicin.

“Kami telah memberikan anggaran untuk pembangunan dua bilik sebesar Rp 6 miliar. Pengadaan lampu sebesar Rp 2,5 miliar. Dan tinggal perbaikan jalan masuk yang saat ini masih dalam proses untuk pengerjaannya,” ucap H Upi.

Sementara itu, Plt Kakanwil Kemenkum HAM Kalsel, Heni Susila Wardoyo, berharap Lapas Kelas III Batulicin bisa cepat terselesaikan dan bisa ditempati.

“Sebagaimana yang diharapkan oleh pihak Pemkab Tanah Bumbu. Kami juga mempunyai harapan yang sama,” ujarnya.

Heni Susila Wardoyo mengatakan saat ini memang beban pemerintah itu berat, karena over kapasitas di lembaga pemasyarakatan itu terjadi di mana-mana, bahkan sampai 600 persen khususnya di Kalsel.

“Kalimantan Selatan ini termasuk zona over kapasitas tertinggi di Indonesia, oleh karenanya tadi dengan pemda telah mendorong memfasilitasi pembangunan Lapas Batulicin,” ujarnya.

“Itu menjadi satu solusi atas permasalahan yang kami hadapi. Ini adalah sebuah sinergisitas yang luar biasa antara pemerintah daerah dan khususnya kepada kami yang ada di jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan,” pungkasnya. (tim)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here