Home Berita Dua Tokoh Kuat Diprediksi Bakal Menantang IDP di Pilkada Kabupaten Bima

Dua Tokoh Kuat Diprediksi Bakal Menantang IDP di Pilkada Kabupaten Bima

545
0

Bima, Peloporkrimsus.com – Dahlan M.Noor Wakil Bupati Bima dan Murni Suciyanti yang kini menjabat sebagai ketua DPRD Kabupaten bima dua tokoh tersebut yang paling kuat, dianggap sebagai kandidat serius menantang IDP dipilkada 2020.

Relawan Partai PAN, Taufik yang biasa di Sapa Aba Fik sila menyebut kedua tokoh itu kemungkinan besar akan diusung oleh partai politik karena memiliki popularitas yang tinggi.

Berdasarkan afiliasi politik kedua tokoh itu, Aba Fik kemudian memetakan dukungan politik yang akan didapat oleh Dahlan M.Noor sapaan Babe, dan Murni tersebut berpeluang besar, “Dalam rabaan saya, Dahlan dan Murni diusung Gerindra, PAN, dan Demokrat atau mungkin saja membentuk poros lain, atau bergabung ke salah satu poros yang sudah ada,” kata Aba Fik sila, Kepada Media Pelopor Hukum & Krimsus, Rabu (14/8/2019).

Aba Fik juga meyakini kedua tokoh tersebut memiliki tingkat elektabilitas yang sama-sama tinggi dan tidak terpaut jauh. Karena itu, menurut dia, kans memenangkan Pilkada akan bergantung pada perilaku pemilih di Kabupaten Bima.

“Kalau merujuk pada hasil Pilpres lalu, karakteristik utama pemilih di Propinsi NTB lebih khusus kabupaten Bima cenderung adalah tokoh yang dianggap religius dan anti Jokowi. Kecenderungan itu masih ada sampai sekarang. Saya pikir ini jadi hal penting,” Ujar Aba Fik.

Pada kluster pertama, menurut Aba Fik sosok yang populer dan memiliki elektabilitas tinggi adalah tokoh yang dianggap religius dan berafiliasi dengan partai seperti Gerindra, PAN, Demokrat dan PKS. Dahlan dan Murni menjadi sosok yang lebih diunggulkan ketimbang IDP.

“Jadi masyarakat melihatnya lebih sebagai budayawan, bukan sebagai pemimpin. Tapi Pilkada masih jauh. Dahlan punya cukup waktu mengubah strateginya untuk meyakinkan publik,” Jelasnya.

Lanjut Aba Fik, Strategi yang dilakukan Dahlan-Murni untuk meraih dukungan atau mendongkrak elektabilitas adalah dengan menanamkan pengaruh politik dan membangun motif politik yang positif di tengah masyarakat Kabupaten Bima.

Aba Fik juga menjelaskan, Sederet Tokoh-tokoh penting yang mendukung Dahlan-Murni, “Bang Ady Mahyudi, anggota DPRD Provinsi NTB terpilih, Suami dari Ibu Murni Sucyanti adalah mantan Ketua DPD PAN kabupaten Bima yang sudah malang melintang di dunia kolitik. Prestasi B ang Ady Mahyudi tidak main-main” Imbuhnya.

H.Qurais H.Abidin bukan tokoh sembarangan, Ia memiliki pengalaman dua kali menjadi kepala daerah kota bima yang saat ini masih menjabat ketua DPD Demokrat Kota Bima.Sosoknya sangat familiar bagi warga kota dan kabupaten bima yang presentase pendudukanya terbanyak. Namun, saat diuji di DPR RI tidak mampu berbicara banyak, dan sepenuhnya siap mendukung Dahlan-Murni.

“Ibu Murni Sicyanti, adalah ketua DPRD kabupaten Bima, Kini Ia bertarung di pilkda kabupaten bima 2020 dengan menggandeng tokoh penting yang juga saudara kandung berlatar belakang ulama, dan Pebisnis, H.Arahman H.Abidin Mantan Wakilwali Kota Bima, dan saat ini Anggota DPRD provinsi NTB terpilih. Maka, peluang IDP bertambah sempit” tutupnya. (MUCH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here