Home Berita Dusun Semanpir Desa Sidorejo kecamatan Krian Adakan Haul Akbar.

Dusun Semanpir Desa Sidorejo kecamatan Krian Adakan Haul Akbar.

542
0

Sidoarjo, peloporkrimsus.com – Lantunan Sholawat Nabi berkumandang merdu di halaman Pondok Pesantren Al_Mustaib yang terletak di, RT/RW 24/06 Dusun Semampir Desa Sidorejo Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo, Pada Sabtu (22/09/2018).

Terdengar lantunan Sholawat Nabi bersahutan dari halaman Pondok Pesantren Al_Mustaib yang juga bisa diartikan ke dalam Bahasa Indonesia, rumah/tempat orang-orang bertakwa.

Sabtu malam ini warga Dusun Semampir Desa Sidorejo Kecamatan Krian kabupaten Sidoarjo mengelar hajat rutin tahunan bertajuk Haul Akbar Romo K.H. Iskandar Umar Abd. Latif (Bendomungal Krian) & Romo K.H. Abd. Hakim Muhammad (Sedayu Gresik), yang dihadiri oleh Habib Umamah Al_Habsy dr Surabaya, Habib Syeh Ass_Syagagb dr Jakarta bertempat di Dusun Semampir Desa Sidorejo Kecamatan Krian. Kegiatan tersebut berupa pembacaan ayat suci Al Quran yang diniatkan untuk mendoakan para sesepuh, kerabat, serta warga Dusun Semampir Desa Sidorejo Kecamatan Krian yang telah lebih dahulu meninggal dunia. Ujar Kades Sidorejo (Agus Triana).

“Acara haul akbar ini merupakan kegiatan yang sudah ada sejak lama, diperkirakan sudah puluhan kali digelar dan menjadi tradisi warga Dusun Semampir Desa Sidorejo Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo,

Diawal haul telah digelar hanya untuk mendoakan para sesepuh kampung yang telah berjasa dalam hal membangun masjid dan Desa, namun lambat laun warga meminta agar orang tua, saudara dan kerabatnya ikut di doakan dalam haul akbar.

“Dari situ warga mulai guyub, menyelenggarakan haul gabungan yang setiap tahun.

Bedanya haul akbar dengan kegiatan haul perseorangan yakni ketika pembacaan nama-nama almarhum yang hendak diddoakan, salah satu pemuka agama akan membacakan satu persatu nama yang jumlahnya diperkirakan lebih dari seribu nama.

Karena ini tajukkan haul akbar, nama-nama yang dibacakan itu merupakan nama almarhum/almarhumah warga atau jamaah masjid yang sudah meninggal dunia, dibacakan lalu didoakan bersama warga yang hadir, Kegiatan ditutup dengan agenda ramah tamah.

“Mudah-mudahan bisa diteruskan generasi berikutnya, karena dengan acara ini warga Dusun Semampir Desa Sidorejo Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo bisa guyub rukun, menyatu dalam nuansa keislamanan,” ucap Danramil krian.

Dalam Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kades Sidorejo ( Agus Triana), Kades Jeruk Gamping ( M. Heri Lubis), Babinsa Sidorejo (Serma Hasan Basri), dan beberapa Anggota Dari Ramil 0816/09 Babinkamtibmas desa Sidorejo Dan lainya serta Danramil 0816/09 Kapten lnf Dwi Umiyanto.(Tfq)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here