Home Berita Kakanwil DIY Silaturhami ke Bupati Kulon Progo, Ruislag Rutan Wates Jadi Bahasan

Kakanwil DIY Silaturhami ke Bupati Kulon Progo, Ruislag Rutan Wates Jadi Bahasan

393
0

Wates-D.I.Yogyakarta, peloporkrimsus.com – Rombongan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM D.I.Yogyakarta melaksanakan Silaturahmi ke Bupati Kulon Progo, Rabu (23/01/2019). Rombongan tersebut terdiri dari Kepala Kantor Wilayah,  Krismono, Kepala Divisi Administrasi, Kepala Divisi Imigrasi, dan pejabat-pejabat struktural termasuk juga Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Wates, Deny Fajariyanto. 

Dalam silaturhami tersebut, dibahas beberapa hal antara lain Tukar Guling (Ruislag) Rutan Wates, dan rencana pembangunan Kantor Imigrasi di daerah Kulon Progo. Pembangunan Kantor Imigrsi di Wilayah Kulon Progo sendiri adalah berkenaan dengan dibangunnya Bandara New Yogyakarta Internasional Airport (NYIA) di wilayah Kulon Progo.

Sementara itu, terkait dengan rencana Tukar Guling Rutan Wates sendiri disebabkan karena penataan Alun-alun Wates (Alwa) yang berdampak pada pemindahan sejumlah bangunan instansi yang berdiri di sekitar Alwa, salah satunya Rumah Tahanan Klas II Wates (Rutan Wates). 

Menanggapi Ruislag Rutan Wates, Deny Fajariyanto menuturkan bahwa untuk pembangunan sebuah Lapas maupun Rutan harus memperhatikan beberapa aspek agar dapat berjalan dengan baik.

“Lokasi ideal untuk membangun Rutan antara lain berada tak jauh dari instansi penegak hukum seperti Kepolisian, Kejaksaan dan Pengadilan dan memiliki ketersediaan air melimpah. Kebutuhan air melimpah muncul karena tingginya kebutuhan penggunaan air bagi penghuni Rutan, meliputi konsumsi dan mandi cuci kakus. Apabila air tidak mencukupi kebutuhan Rutan, maka rawan menyebabkan ketidaknyamanan bagi penghuni,” terang Deny.(her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here