Home Berita Ketua DPRD Tanbu Kunjungi Lapas Tanah Bumbu

Ketua DPRD Tanbu Kunjungi Lapas Tanah Bumbu

1
0

Tanah Bumbu,peloporkrimsus.com – Setelah melihat langsung kondisi Lembaga Pemasyarakatan Kabupaten Tanahbumbu, Ketua DPRD Tanah Bumbu H Supiansyah ZA siap untuk menganggarkan dana guna mendukung operasional tempat narapidana ini,(13/02/2022)

Dia bersama rombongan mengunjungi Kantor Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II A Batulicin sekaligus meninjau bangunan Lapas (Lapas) Kelas III Batulicin di Desa Saring Sungai Bubu Kecamatan Kusan Tengan Kabupaten Tanahbumbu.

Kedatangan rombongan ketua DPRD, H Supiansyah disambut langsung oleh Kepala Balai Pemasyarakatan Kelas II Batulicin Indera Gunawan.

H Supainsyah sangat mengharapkan kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan agar awal Maret ini sudah bisa di operasikan.

Setidaknya, ada terisi sebanyak 15 atau 20 warga binaan asal Tanahbumbu yang sudah mau berakhir masa pidananya.

” Di Lapas Kotabaru kan sudah penuh atau over kapasitas, dan banyak tahanan dari Tanah Bumbu. Sebaikanya segera dioperasikan,” katanya, beberapa hari lalu.

Dan kewajiban Pemerintah Daerah Kabupaten Tanahbumbu dan legislatif akan memperhatikan sarana prasarana yang dibutuhkan oleh Lapas Kelas III Batulicin.

“Jalan yang belum diaspal akan segera kami ajukan anggaran untuk pengaspalan jalan masuk ke Lapas dan Bapas ini, ” katanya.

Untuk kekurangan di dalam Lapasnya agar dari pusat untuk menganggarkannya, seperti pemasangan Paving Blok agar tidak becek, sehingga warga binaan Lapas Kelas III Batulicin nantinya bisa bersih dan terjaga kesehatannya.

“Semoga saja Lapas Kelas III Batulicin cepat beroperasi tahun ini sehingga warga binaan Tanahbumbu bisa menempatinya. Kasihan mereka, karena saat ini berada di Lapas Kotabaru yang over kapasitas. Begitu juga dengan pihak keluarga, harus mengeluarkan biaya yang mahal untuk menjenguk melewati laut,” ujarnya.

Diketahui Lapas Kelas III Batulicin akan menampung 240 orang tahanan yang terdiri dari 4 blok dengan kapasitas 40 hingga 60 perbloknya dengan menempatkan petugas 60 orang.

Sementara itu, Ilham seorang warga Tanbu yang memiliki keluarga ditahan di Kotabaru mengaku sulit untuk menjenguk. Sebab, selain jarak, juga perlu biaya yang lumayan untuk menuju Lapas Kotabaru.

“Ya, saya sangat berharap Lapas Batulicin segera dioperasikan agar kami para keluarga tidak kesulitan lagi. Bayar Ferry penyebrangan, bensin, makan dan waktu yang panjang untuk menjenguk. Jadi kami sangat harapkan Lapas Batulicin ini segera dioperasionalkan, ” katanya, Minggu. (tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here