Home Berita Sorot Komunitas Bestari Gelar Lapak Baca Guna Tingkatkan Budaya Membaca di Masyarakat

Komunitas Bestari Gelar Lapak Baca Guna Tingkatkan Budaya Membaca di Masyarakat

457
0

Tanah Bumbu – Kalsel, peloporkrimsus.com – Dalam upaya untuk meningkatkan minat dan kebiasaan membaca di kalangan masyarakat, sebuah inisiatif baru telah diluncurkan yang menawarkan solusi motivasi dan inovatif untuk mengembangkan niat baca. Program ini bertujuan untuk membangkitkan minat membaca dan meningkatkan akses terhadap bahan bacaan di berbagai komunitas.

Pegiat literasi Tanah Bumbu di singkat Pelita bersama komunitas Betari membuat inovasi dan trobosan dengan menggelar lapak baca “Minggu (28/5/2023).

Bahkan juga menariknya lapak baca di gelar di area Education Park atau Taman Edukasi di kawasan pasar Minggu Desa sejahtera kecamatan Simpang Empat kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip(Dispersip) Kabupaten Tanah Bumbu Yulia Rahmadani pihaknya menyambut positif kegiatan tersebut.

Puji syukur kami panjatkan Kehadirat Illahi Rabbi dan terima kasih yang tak terhingga kepada Komunitas Bestari dan pelita Tanah Bumbu atas partisipasinya dalam rangka meningkatkan minat baca di Tanah Bumbu Bumi bersujud “Pungkasnya.

Di Katakan Yulia Salah satu aspek penting dari inisiatif ini adalah penerapan teknologi digital yang canggih. Berbagai aplikasi dan platform telah dikembangkan yang dirancang khusus untuk mempromosikan kegiatan membaca. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur menarik, seperti pustaka digital yang lengkap dengan koleksi buku dari berbagai genre, platform diskusi online, rekomendasi buku berdasarkan minat pribadi, dan fitur pelacakan kemajuan membaca. Semua fitur ini dirancang untuk membuat membaca menjadi lebih menarik dan menyenangkan bagi pengguna.

Selain itu, inisiatif ini juga berfokus pada pengembangan kegiatan membaca di lingkungan sosial. Program ini bekerja sama dengan perpustakaan, sekolah, dan komunitas lokal untuk mengadakan acara membaca bersama, diskusi buku, dan lokakarya menulis. Tujuannya adalah menciptakan suasana yang mendorong pertukaran ide dan diskusi yang melibatkan para pembaca. Dengan berpartisipasi dalam kegiatan ini, masyarakat dapat memperluas jaringan sosial mereka dan meningkatkan motivasi mereka dalam membaca.

Selain itu, program ini juga mendorong partisipasi orang tua dalam mengembangkan niat baca anak-anak mereka. Dalam kerjasama dengan sekolah dan lembaga pendidikan, diberikan pelatihan kepada orang tua untuk memahami pentingnya membaca dalam perkembangan anak. Mereka juga diberikan strategi dan saran praktis untuk menciptakan lingkungan rumah yang mendukung kebiasaan membaca. Diharapkan melalui peran aktif orang tua, anak-anak akan lebih termotivasi untuk membaca dan mengembangkan niat baca sejak usia dini.

Inisiatif ini telah mendapatkan respons positif dari masyarakat. Banyak individu dan keluarga yang merasakan manfaat dari program-program yang ditawarkan. Banyak orang yang mengungkapkan bahwa mereka telah menemukan kegembiraan baru dalam membaca dan merasakan dampak positifnya dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Diharapkan dengan terus berlanjutnya inisiatif ini, minat dan kebiasaan membaca di masyarakat akan semakin berkembang. Semakin banyak individu yang terlibat dalam kegiatan membaca, semakin cerdas dan terinformasinya masyarakat. Inisiatif ini menjadi langkah positif dalam mempromosikan kegiatan membaca dan mengembangkan niat baca di kalangan masyarakat. Ungkap Yulia (Adinata/Team)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here