Home Berita Kunker RRT, Gubernur Ntb, Belajar Menata Kota dan Olah Sampah

Kunker RRT, Gubernur Ntb, Belajar Menata Kota dan Olah Sampah

188
0

Mataram, Peloporkrimsus.com – Hari ketiga kunjungan kerja Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah ke Tiongkok, diisi dengan meninjau Everbright International (EI), perusahaan pengelolaan sampah terbesar di Tiongkok. Bahkan, disebut-sebut sebagai yang terbesar di dunia.

Everbright di Hangzhou juga sekaligus perusahaan pembangkit listrik tenaga biomass (sampah) terbesar untuk Tiongkok, yang dibangun selama tiga tahun sejak 2014 dan beroperasi selama dua tahun.

“Memasuki komplek pabrik di Distrik Yuhang, Kota Hangzhou, Provinsi Zhejiang itu, tak tampak sedikitpun nuansa sebuah perusahaan yang aktivitas hariannya adalah pengangkutan, pengumpulan, sampai pemrosesan gunungan sampah dari berbagai jenis material. Ciri khas yang umumnya terlihat kumuh, berantakan, hingga bau-bauan serba tak sedap yang menusuk, sama sekali tidak ditemukan di sini”, terang gubernur.

Sebelumnya Kamis 24 Oktober 2019.Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimanysah didampingi istri, Hj. Niken Saptarini Widyawati, SE., M. Sc dan rombongan melakukan kunjungan kerja ke Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

Kunjungan yang dibiayai oleh pemerintah RRT itu diawali dengan agenda mengunjungi Urban Planning Exhibiton Hall, atau Balkon Perencanaan Kota Qianjiang New City, salah satu distrik di Kota Tua Hangzhou.

Qianjiang New City menjadi salah satu contoh dan rujukan bagaimana konsep perencanaan, penataan dan pembangunan sebuah kota di pinggiran teluk bisa menjadi sebuah kota modern. d Dengan gedung-gedung menjulang, namun tetap mempertahankan ruang terbuka hijau yang ideal dan kesejarahan kota dengan segala tradisi serta budayanya.

“Tak heran jika turis yang berkunjung ke Hangzhou mencapai 140 juta per tahun. Yang penting asal ada niat dan kemauan, ditunjang dengan realisasi kinerja dan pembiayaan, kita bisa mencontoh pembangunan di Hangzhou dan menghadirkan konsep yang sama di NTB. Kita kerahkan segala sumber daya yang ada, mulai dari Kampus berkolaborasi dengan Dinas Tata Kota hingga komunitas masyarakat untuk mewujudkannya,” ujar Doktor Zul.

Dalam agenda Kunjungan kerja itu, telah menghasilkan sejumlah kerjasama. Diantaranya kerjasama di bidang pendidikan dan pariwisata. “Mudah-mudahan kerjasama antara Provinsi NTB dan Provinsi Zhejiang, RRT di bidang Pendidikan dan Pariwisata menguntungkan kedua belah pihak,” harap Gubernur saat bertemu Wakil Gubernur Zhejiang,.Zhu Congjiu.

Tidak hanya bertemu Wagub Zhejaing, Gubernur yang akrab disapa Bang Zul itu menyempatkan diri bertemu Mahasiswa-mahasiswa Indonesia yang belajar di Zhejiang Gongshang University. “Senang melihat gemuruh di dada para mahasiswa ini ketika nama Indonesia di sebut. Luar biasa,” katanya.(Mus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here