Home Berita LSM LIRA Pertahankan Rekor Muri Sebagai LSM Terbesar Di Indonesia Sejak 2009-2017.

LSM LIRA Pertahankan Rekor Muri Sebagai LSM Terbesar Di Indonesia Sejak 2009-2017.

1442
0

PROBOLINGGO, PH-Krimsus : LSM LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) yang didirikan HM. Jusuf Rizal masih menjadi satu-satunya LSM terbesar dan terbanyak cabangnya di Indonesia hingga kini. LSM LIRA juga dari tahun 2009-2017 masih pertahankan Rekor Muri, sebagai LSM nomor wahid dengan struktur pemerintah (shadow of governance) yang terdaftar di Kesbangpol (Bukan Menkumham)

HM. Jusuf Rizal selaku Presiden LSM LIRA ketika di konfirmasi Oleh Wartawan bersama ” Samsudin ” Bupati Lira Kabupaten Probolinggo pada minggu ( 03/12/17 ) melui via Selukernya. Pihaknya mengaku.
Salah satunya ” Samsudin” Bupati Lira Kabupaten Probolinggo, dengan jajarannya, menyebutkan LSM LIRA selama delapan tahun (2009-2017) masih menjadi LSM yang terbesar dan terbanyak cabangnya sebagai organisasi LSM tidak berbadan hukum yang terdaftar di Kesbangpol sesuai UU Keormasan 17 tahun 2013.

“Kini LSM LIRA telah memiliki cabang di 34 Propinsi dan 470 Kabupaten Kota. Belum ada ormas LSM yang mampu menyamai Rekor Muri LSM LIRA hingga kini. Karena itu, saya berharap Bupati terpilih terus melakukan konsolidasi bentuk Camat, Lurah, Kepada Desa agar LSM LIRA senantiasa dapat menjadi mata dan telinga mengawasi pembangunan di Labuan Batu,” tegas pria berdarah Batak-Madura itu.

Disebutkan Rekor Muri dianugerahkan kepada LIRA sebagai ormas LSM yang terdaftar di Kesbangpol oleh Jaya Suprana, penggagas dan pendiri Rekor Muri, 14 Agustus 2009. Rekor Muri juga dianugerahkan kepada HM. Jusuf Rizal selaku penggagas dan pendiri LSM LIRA. Lira didirikan dari embrio Blora Center — tim relawan SBY-JK tahun 2004

Ditangan pria bertangan dingin yang juga menjabat Wakil Ketua Umum Bidang OKK KSPSI (Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia) itu, LSM LIRA terus tumbuh. Meski diganggu dengan pemalsuan tanda tangan Dewan Pendiri oleh anggotanya yang telah dipecat guna membuat Ormas Perkumpulan LIRA dengan memakai nama, logo, rekor Muri dan atribut milik LSM LIRA serta mendaftar sebagai organisasi baru ke Menkumham, tidak membuat LSM LIRA redup, tapi malah kian berkembang.

“Kami di LSM LIRA punya konsep, Repelita dan Goals dalam mengembangkan organisasi. Bukan sekedar menciplak apalagi follower. Kami mau menjadi pioner di kelas ormas LSM yang punya SKT terdaftar di Kesbangpol. Untuk itu target kami 2018 nanti LSM LIRA dapat Rekor Guiness Book Of Record sebagai satu-satunya LSM terbesar di dunia dengan sistim pemerintahan,” tegas Jusuf Rizal

Menurut catatan Redaksi, LSM LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) adalah ormas LSM yang terdaftar di Kesbangpol, digagas dan didirikan oleh HM. Jusuf Rizal tahun 2004 sebagai Direktur Blora Center (Tim Sukses SBY-JK for Presiden). Namun Maret 2016, mantan Presiden LSM LIRA Periode 2015-2020, Olivia Elvira (Olis Datau) yang dipecat oleh Dewan Pendiri LSM LIRA karena si duga melanggar konstitusi organisasi, diduga memalsu tanda tangan Dewan Pendiri dan membuat organisasi tandingan Ormas Perkumpulan LIRA dan mendaftar di Kemenkumham. Kasus hukumnya sedang bergulir dan diproses di Polda pemalsuan akta otentik KUHP Pasal 263 dan Pasal 266.( Tim )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here