Home Berita Meriahnya HUT ke-78 Bhayangkara di Tanah Bumbu: Kontes Kambing Perebutkan Hadiah Rp...

Meriahnya HUT ke-78 Bhayangkara di Tanah Bumbu: Kontes Kambing Perebutkan Hadiah Rp 25 Juta

316
0

BATULICIN,Peloporkrimsus.com – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Bhayangkara di Kabupaten Tanah Bumbu berlangsung meriah dengan berbagai agenda, salah satunya kontes kambing yang memperebutkan total hadiah hingga Rp 25 juta. Acara ini diselenggarakan oleh Polres Tanah Bumbu pada Minggu, 23 Juni 2024 di kawasan Taman Edukasi, Kecamatan Simpang Empat.

Acara pembukaan kontes dihadiri oleh Bupati Tanah Bumbu yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Ambo Sakka, Kapolres Tanah Bumbu AKBP Arief Prasetya S.I.K. M.Med.Kom, anggota DPRD Tanah Bumbu, Staf Ahli Bupati, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, serta para undangan lainnya.

Sekda Ambo Sakka menyambut baik dan mengapresiasi pelaksanaan kontes kambing ini sebagai bagian dari perayaan Hari Bhayangkara ke-78. “Kontes ini bertujuan untuk mencari bibit kambing terbaik, menjaga kelestarian kambing, serta memotivasi peternak di Tanah Bumbu,” kata Ambo Sakka.

Beliau juga menambahkan bahwa kontes ini diharapkan dapat mendorong pengembangan usaha peternakan di Bumi Bersujud serta meningkatkan nilai jual ternak, yang pada akhirnya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Tanah Bumbu.

Kontes kambing ini mempertandingkan beberapa kategori, antara lain ekstrem jantan, ekstrem betina, seni jantan, dan seni betina. Ratusan peserta dari berbagai wilayah turut berpartisipasi dalam acara ini.

Kapolres Tanah Bumbu, AKBP Arief Prasetya, dalam sambutannya mengatakan, “Acara ini tidak hanya untuk merayakan Hari Bhayangkara, tetapi juga sebagai ajang silaturahmi dan apresiasi terhadap peternak kambing di Tanah Bumbu.” Kapolsek Batulicin, IPTU Kusnin, juga berharap acara ini bisa memotivasi para peternak untuk terus meningkatkan kualitas ternaknya dan menjadikan Tanah Bumbu sebagai pusat peternakan kambing berkualitas.

Setelah rangkaian acara dimulai, penilaian kontes kambing dilakukan oleh para juri. Berikut adalah para pemenang kontes:

Kategori Ekstrim Jantan:

Juara Pertama: Govinda (Usia 2-4 Tahun, Berat 104 kg) – Milik H. Johan Andi Arsyad dari Tanah Bumbu
Juara Kedua: Jambor (Usia 2-4 Tahun, Berat 98 kg) – Milik Didik dari Batulicin Irigasi
Juara Ketiga: Grandong (Usia 2-4 Tahun, Berat 93 kg) – Milik Wardinu dari Desa Pematang Ulin Tanbu
Juara Harapan 1: Wellink (Usia 4-5 Tahun, Berat 89 kg) – Milik Zcandinavia Farm dari Candi Alus Martapura
Juara Harapan 2: Zelzall (Usia 2 Tahun, Berat 83 kg) – Milik Zcandinavia Farm dari Candi Alus Martapura
Juara Harapan 3: Bimo (Usia 3 Tahun, Berat 78 kg) – Milik Nur dari Desa Manunggal Tanbu

Kapolres Tanah Bumbu, AKBP Arief Prasetya, mengimbau masyarakat dan para peternak kambing untuk terus berinovasi dan menjaga kualitas ternak mereka. “Mari kita manfaatkan acara ini sebagai momentum untuk meningkatkan kualitas peternakan kita, sehingga dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal,” ujarnya.

Sekda Ambo Sakka juga menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah, peternak, dan masyarakat dalam mengembangkan sektor peternakan. “Dengan kerjasama yang baik, kita bisa menjadikan Tanah Bumbu sebagai daerah yang unggul dalam peternakan kambing berkualitas,” katanya.

Acara ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi para peternak untuk terus bersemangat dalam mengembangkan usaha mereka, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Tanah Bumbu melalui sektor peternakan yang maju dan berkelanjutan. (Team)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here