Home Berita Misi Mencerdaskan, Pemuda Rompo Bagun Rumah Baca

Misi Mencerdaskan, Pemuda Rompo Bagun Rumah Baca

328
0

Bima, Peloporkrimsus.com – Dalam rangka mendorong terwujudnya cita-cita bangsa, mencerdaskan kehidupan bangsa. Peran serta Pemudah dalam mengisi ruang untuk membagun sumber daya manusia (SDM), melalui pendidikan formal maupun informal seperti sekolah, lembaga pelatihan, bimbingan belajar, perpustakaan maupun rumah baca sangat dibutuhkan.

Menyadari sebagai bagian dari unsur yang ikut bertanggung jawab mencerdaskan kehidupan bangsa, sekumpulan pemuda pemerhati pendidikan desa Rompo kecamatan Langgudu kabupaten Bima. Elyasa bersama rekan-rekannya Israfil, Dedi Suparjon, Arjan H. Arfan, Khaeril Anwar, Ilham, Asrin, Rika Landa, Ratnaningsih dan kawan-kawannya membangun rumah baca di desanya.

Semangat membangun rumah baca yang diberi nama “UMA BACA” disertai Perpustakaan Desa ini, “berawal dari semangat meningkatkan baca masyarakat, lebih khususnya para pelajar dan anak2 Usia Dini, upaya terwujud kualitas SDM di Desa Rompo” ungkap Elyasa melalui fia Hp (Minggu 20/10/19).

Lanjut Elyasa, Usaha untuk meningkatkan minat baca masyarakat, siswa maupun anak usia dini ini selaras dengan program Literasi yang dijalankan pemerintah, dari pusat sampai ke Desa. Melalui program pengadaan buku atau Perpustakaan Desa, “Pembangunan “UMA BACA” ini diprakarsai oleh pemuda-pemudi Desa Rompo yang peduli. Anggaran pembangunan pun berasal dari swadaya dan patungan pemuda-pemudi” jelasnya.

Sementara rumah baca disertai Perpustakaan ini dibagun diatas lahan kosong miliki masyarakat setempat, yang dipinjamkan untuk mendukung usaha mencerdaskan. Proses Pembangunan dilakukan oleh para anggota Komunitas dan dibantu secara swadaya oleh masyarakat sekitar.(Mus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here