Home Berita Patut Ditiru Provinsi Lain, Presiden Jokowi Apresiasi TPA Sampah Banjarbakula

Patut Ditiru Provinsi Lain, Presiden Jokowi Apresiasi TPA Sampah Banjarbakula

411
0

Banjarbaru,peloporkrimsus.com – Presiden Joko Widodo mengapresasi keberadaan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah Regional Banjarbakula di Gunung Kupang, Kecamatan Cempaka, Banjarbaru. Karena digunakan secara bersama lima kabupaten-kota di Kalsel.

Apresiasi itu dikemukakan Kepala Negara usai meresmikan TPA Sampah di lahan seluas 15 hektare ini, Jumat (7/2) sore,

“Saya sangat mengapresiasi Pemerintah Provinsi Kalsel yang memiliki TPA Sampah yang bisa digunakan secara bersama kabupaten-kota di provinsi, Hal ini sebagai bentuk sinergi antara daerah dalam mengelola sampah, Karena itu saya sangat mengapresiasi hal yang patut ditiru daerah lain di Indonesia,” tandas presiden Jokowi.

Menurutnya pemerintah daerah harus menanggalkan ego kedaerahannya dan bisa membangun kebersamaan dalam mengelola sampah,

” Karena bila sampah tidak dikelola dengan baik, maka bisa menjadi salah satu pemicu berbagai bencana. Termasuk banjir,” tutur Presiden.

Diakuinya, mengelola sampah tidaklah mudah. Seiring bertambahnya jumlah penduduk, penataan TPA perlu ditata dengan baik dan memiliki fasilitas dan teknologi yang modern, serta manajemen yang baik.

Perlu diketahui TPA Sampah Banjarbakula ini dapat menampung 790 ton sampah per hari. Sampah-sampah itu berasal dari enam kabupaten kota di Kalsel. Yakni, Kota Banjarmasin dengan 440 ton per hari, Kota Banjarbaru 200 ton per hari, Kabupaten Banjar 70 ton per hari, Kabupaten Barito Kuala 40 ton per hari, dan Kabupaten Tanah Laut 40 ton per hari.

Pembangunan TPA Sampah ini dilaksanakan sejak 12 Mei 2017 hingga 30 November 2018 dengan anggaran Rp 150 miliar dalam kontrak tahun jamak.

TPA Sampah Banjarbakula juga dilengkapi empat sel landfill dengan luas total 8 hektare, Unit Pengolah Lindi, Bangunan Cuci Kendaraan, Jembatan Timbang, kantor dan pos jaga dan Masa manfaat setiap sel TPA ditarget bisa sampai 10 tahun.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan penyerahan hibah dua alat berat oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Usai peresmian dan kegiatan ini ditutup dengan Penanaman pohon meranti di sekitar TPA Sampah Banjarbakula oleh Preaiden Jokowi yang ditemani Menkopolhukam Mahfud Md, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, dan Sekretaris Militer Presiden, Mayjen TNI Suharyanto.(Rdw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here