Home Berita Pemdes Sawah Mulya Gelar Posyandu di Keen dan Kim Dreamland.

Pemdes Sawah Mulya Gelar Posyandu di Keen dan Kim Dreamland.

2
0

Gresik,peloporkrimsus.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Sawah Mulya, Kecamatan Sangkapura, Kabupaten Gresik Jawa Timur dalam meningkatkan kesehatan masyarakat, melalui kader Posyandu menggelar kesehatan terpadu sekaligus membagikan bubur kacang hijau bagi balita.

Diungkapkan, Kepala Desa Sawah Mulya R. Muhammad Nur menyampaikan, kegiatan posyandu yang dilaksanakan pada hari Rabu 5 hingga Kamis 6 Oktober 2022 diberikan pada Balita di tempat bermain anak-anak, lebih dikenal Keen dan Kim Dreamland yang berada di Dusun Kebun Laut.

“Pelayan ini sebagai wujud kepedulian Pemerintah Desa Sawah Mulya terhadap kesehatan warga khususnya balita, sekaligus juga untuk mempererat tali silaturahmi dengan warga serta memberikan nuansa baru bagi-bagi anak-anak untuk mau dilakukan imunisasi sambil bermain,” ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan posyandu ini melibatkan Bidan Desa R. Hidayati, A. Md. Keb dan Perawat Desa Kamariyah, A. Md. Kep beserta kader posyandu dari Pos Bougenville dan Pos Rafflesia Desa Sawah Mulya.

“Kami berharap dengan kegiatan seperti ini orangtua balita sudah tidak lagi enggan dan bosen membawa anaknya untuk dilakukan imunisasi,” tandas Kades R. Muhammad Nur.

R. Hidayati, A. Md. Keb selaku bidan desa menuturkan, kegiatan posyandu terbagi menjadi dua pos yakni Pos Rafflesia yang sudah dilaksanakan hari Rabu tanggal 5 Oktober 2022 meliputi dusun laut sungai, kebun daya dan daya bata. Sedangkan untuk Pos Bougenville meliputi dusun sawah laut, kebun laut, pacinan, boom dan bangkalan yang sekarang ini dilaksanakan, ujarnya.

“Selain kegiatan Posyandu ini ada kegiatan skrining buat ibu-ibu peserta yang mempunyai BPJS oleh petugas tenaga kesehatan dari UPT. Puskesmas Sangkapura, dan Taman Posyandu oleh ibu-ibu PKK Desa Sawah Mulya,” terang Hidayati.

Masih Yati sapaan akrabnya Bidan Desa Sawah Mulya menambahkan, pelayanan ini diberikan kepada anak berupa penimbangan untuk memantau pertumbuhan anak. Anak sehat tambah umur tambah berat dan tambah pandai, tutup Yati.

Selanjutnya, senada dengan dikatakan oleh Kamariyah, A. Md. Kep rekan Hidayati mengatakan, setiap Pos Rafflesia dan Bougenville terdiri dari lima orang kader posyandu. Dimana kader posyandu tersebut di koordinator oleh Eva Susilawati dan beberapa anggota diantaranya: Nuryadi, Kemas Ayatullah Homaini, Nurmala, Zaida Nikmawati, Nur Sofiyah, Purnama Dewi, Ainun Jariyah, Lailatul Rahmaniyah, Putri Dewi Sekar Sari.

“Kegiatan posyandu ini meliputi sistem 5 meja diantaranya: Pendaftaran, penimbangan dan pengukuran, pengisian KMS atau pengisian balok SKDN, penyuluhan dan sistem informasi posyandu (Pelayanan),” papar Kamariyah. Kamis (6/10/2022). (Fairi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here