Home Berita PEMKAB BIMA, ADAKAN BIMTEK PEMBENAHAN ARSIP 2017

PEMKAB BIMA, ADAKAN BIMTEK PEMBENAHAN ARSIP 2017

286
0

Bima, PH-Krimsus : Masih banyaknya arsip pemerintah yang kurang tertata dengan tertib dan baik membuat pencarian arsip susah untuk ditemukan dan tak jarang hilang. Kondisi seperti ini membuat Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi (KPAD) Kabupaten Bima, memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Kearsipan. Bimtek dibuka oleh Pejabat yang Mewakili Bupati Bima, H, Ma’ruf Asisten III, Sekitar Pukul 09.00 Wita, Senen (23/10/2017) di Aula PEMKAB BIMA.

Bimtek selama 3 hari ini diikuti oleh 80 orang fungsional Calon Tenaga Arsiparis, sekretariat, sub-bagian tata usaha dan pengelola arsip dari seluruh SKPD di Pemkab Bima. Tak tangggung-tanggung narasumber bimtek didatangkan langsung dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Kebid Kearsipan julkifli SH,MH, mengungkapkan untuk menciptakan arsip yang autentik, utuh dan terpercaya, pengarsip memerlukan instrumen yang digunakan dalam pengelolaan kearsipan. Instrumen tersebut berupa tata naskah dinas, klasifikasi arsip, jadwal retensi, sistem klasifikasi keamanan serta akses arsip yang dijadikan alat atau sarana untuk pengelolaan kearsipan Ungkapnya.

“Sebagai lembaga kerasipan Daerah yang mempunyai tugas melakukan pembinaan kearsipan, melaksanakan bimtek pengelolaan kearsipan merupakan wujud kepedulian Kita untuk menambah pengetahuan dan kemampuan tentang kearsipan. Dengan kegiatan ini juga kami ingin menambah wawasan bagi tenaga pengelola arsip tentang bagaimana pengelolaan, penataan, dan penyimpanan arsip dan hal-hal yang berkaitan dengan kearsipan, dan Daerah Bima adalah Daerah yang ketinggalan dengan Kearsipan Daerah khusus Wilayah NTB” ungkap Julkifli SH,MH.

“Kegiatan pembenahan arsip ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada SKPD tentang pentingnya penataan dan pengelolaan arsip sehingga arsip dapat terkelola, tersimpan, dengan baik dan arsip mudah ditemukan. Pembenahan ini akan terus kami lakukan sehingga tertib arsip SKPD di Pemkab Beltim,” kata Ruspandi.

Ia menambahkan bimtek selanjutnya akan diberikan kepada Pemerintahan desa dan instansi vertikal di Kabupaten Bima.

Asisten III H, Ma’ruf, dalam sambutannya mengatakan arsip merupakan salah satu sumber informasi manajemen yang penting demi terwujudnya pelayanan prima kepada masyarakat. Oleh karena itu arsip merupakan sesuatu yang krusial dalam kegiatan administrasi maupun pelaksanaan suatu lembaga.

“Mengingat arti penting arsip maka perlu adanya sistem pengelolaan arsip yang sistematis, efektif dan efisien. Untuk mengelola arsip dibutuhkan sumber daya manusia yang profesional dalam melaksanakan pengelolaan kearsipan yang handal,” Tegasnya. (MUCH).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here