Home Berita PERAN BABINSA KORAMIL 02/CANDI MENGHADAPI GENERASI MILENIAL

PERAN BABINSA KORAMIL 02/CANDI MENGHADAPI GENERASI MILENIAL

1914
0

Sidoarjo, PH-Krimsus : Candi — Selasa (21/11), Tingkat kepercayaan masyarakat yang tinggi terhadap lembaga TNI saat ini mengungguli lembaga Negara lainnya menunjukkan bahwa Rakyat Indonesia sangat mencintai TNI. Hal ini tentunya patut disyukuri oleh seluruh prajurit. Kerja keras seluruh prajurit diakui oleh masyarakat, selain keberhasilan tadi sekaligus pula menjadi tantangan dimasa masa yang akan datang.

Pengakuan dari masyarakat ini harus terus dijaga dan dipelihara bahkan ditingkatkan oleh seluruh prajurit, termasuk Babinsa Koramil 02 Candi / Kodim 0816 – Sidoarjo. Babinsa sebagai bagian dari Prajurit TNI – AD, merupakan aparat teritorial terdepan atau sering disebut dengan istilah ujung tombak satuan teritorial.

Babinsa, yang mempunyai tugas untuk melaksanakan pembinaan, membimbing dan mendukung percepatan pembangunan diseluruh wilayah Tanah Air, haruslah selalu dekat dengan seluruh lapisan masyarakat. Sehingga apabila ada permasalahan ataupun kesulitan yang dihadapi maka warga akan melapor kepada Babinsanya.

Dengan kedekatan ini diharapkan Babinsa dapat mengetahui segera setiap permasalahan yang ada diwilayahnya seperti masalah pertanian, pendidikan, kesehatan, serta kegiatan sosial lainnya. Karena tugas TNI selain OMP ( Operasi Militer untuk Perang ) juga melaksanakan OMSP ( Operasi Militer Selain Perang). Oleh karena itu, seorang Babinsa dituntut untuk dapat memetakan kondisi wilayahnya sehingga dapat diantisipasi kejadian yang mungkin timbul diwilayah desa binaannya.

Koramil 02/Candi sebagai satuan teritorial dalam tugas pokoknya akan selalu bersentuhan langsung dengan seluruh komponen masyarakat, termasuk generasi muda atau yang saat ini terkenal dengan sebutan generasi milenial.

Generasi milenial atau anak anak muda yang lahir sekitar tahun 2000- an sering disebut juga generasi instan, cenderung cuek pada keadaan sosial disekitar mereka. Generasi milenial sangat mahir dalam teknologi, mendominasi sebagai pengguna media sosial, karena mereka terlahir pada saat handphone dan juga internet sudah diperkenalkan.

Menghadapi situasi diatas, akan menjadi tantangan bagi Anggota Koramil 02/Candi kedepan khususnya Babinsa dalam melaksanakan tugasnya sehari hari dalam memperdayakan generasi milenial menjadi generasi yang inspiratif, mempunyai semangat patriotis, mencintai ibu pertiwinya serta mempunyai jiwa nasionalisme yang tinggi.

Seperti yang dilaksanakan Babinsa Desa Sumorame Kec Candi Peltu Ismail di hadapan generasi milenial khususnya para siswa siswi MA Islamiyah Desa Sumorame Kec Candi. Dalam kesempatan tersebut Peltu Ismail mengajak para siswa untuk selalu berfikir positif, kritis dan berkontribusi untuk memecahkan masalah yang ada disekitarnya.

Peltu Ismail juga mengharapkan agar generasi milenial yang ada dihadapannya ini dapat menggunakan media sosial secara bijak, hindari penyebaran informasi tanpa fakta. Jangan telan mentah mentah informasi yang didapatkan. “jadilah generasi yang kreatif dan inovatif. Tingkatkan terus semangat belajar agar kelak dapat menjadi penerus dalam membangun bangsa” terangnya.zay/Red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here